Kamis, 31 Juli 2014 | Redaksi | Tentang Kami | Hubungi Kami | Info iklan
Kata Kabar
Home / Riau / Rokan Hulu
Pemkab Rohul Geliatkan Pertumbuhan Ekonomi Rakyat Berkonsep Koperasi
Editor : rian
Katakabar.com | Kamis, 29 Agustus 2013 09:51 WIB
Dibaca: 263
Kabid_Koperasi_Diskoperindag_(1).jpg
humas
Pasir Pangaraian (katakabar) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) saat ini sedang menggeliatkan pengembangan ekonomi kerakyatan berkonsep koperasi. Bukan tanpa alasan, kabupaten berjuluk Negeri Seribu Suluk ini sebelumnya sudah diberi gelar sebagai kabupaten koperasi di Riau bahkan nasional. Apalagi sejumlah penghargan dalam bidang koperasi tak sedikit yang sudah didapat.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Dikoperindag) Rohul Drs. Zulkarnain, melalui Kabid Koperasi Suryanto mengatakan, awalnya Rohul sudah memiliki sebanyak 299 koperasi, tahun 2013 ini ada tambahan dua koperasi lagi yang berada di Tambusai Utara dan Bonai Darussalam yang bergerak di bidang pertanian. Dengan tambahan dua koperasi itu, hingga kini ada sekitar 301 koperasi aktif.
 
Sesuai instruksi Bupati Rohul, Pemkab Rohul tetap berkomitmen akan menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan melalui konsep perkoperasian, baik koperasi pemerintah, barang dan jasa, perkebunan dan lainnya. Supaya koperasi yang sudah ada semakin berkembang, pemkab Rohul sudah menempatkan satu orang per kecamatan sebagai pembina dan penyuluh.
 
Langkah strategis yang di lakukan Pemkab Rohul, Kata Suryanto, yakni menghimbau sadar koperasi, membuat nama jalan baik tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, itu sesuai arahan ketika kunjungan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop&UKM) RI Dr. Sjarifuddin Hasan, MM di Rohul, melakukan pelatihan khusus administasi terkait akutansi pada lembaga koperasi sebanyak 40 koperasi per tahun dilakukan 2 gelombang, program ini dilakukan sejak tahun 2012 lalu.
 
“Insya gelombang kedua pelatihan dilakukan pada bulan September mendatang, ini komitmen kita dan sudah menjadi amanah dan tanggung jawab kita, maka kita berusaha semaksimal mungkin untuk berkerja secara professional,” ujar Suryanto.
     
Lebih jauh dikatakan Suryanto baru-baru ini sewaktu pelaksanaan Perayaan Daerah (Peda KTNA) Riau lalu, Menkop & UKM RI sudah menandatangani 5 prasasti koperasi di Rohul yakni KUD Jaya Bersama, Desa Kepenuhan Sejati, Kecamatan Kepenuhan, Kopsa Sumber Rezki, Desa Kepenuhan Raya, KUD Sawit Subur Desa Kepenuhan Makmur, KUD Bumi Asih Desa Kabun, Kecamatan Kabun dan KUD Desa Lubuk Bendahara.
 
Ketika ditanya terkait adanya program BUMDes dan UED-SP di Rohul pola kerja hampir sama, apakah program itu dinilai tumpang tindih, Kabid Koperasi mejawab dengan adanya lembaga pengembangan ekonomi masyarakat berkonsep koperasi tentu akan saling berlomba secara professional  dalam pengelolaanya, bedanya BUMDes dan UED-SP yakni hanya membutuhkan nasabahnya, sedangkan Koperasi bertujuan untuk memakmurkan anggotanya. (adv/hms)         


Komentar