Selasa, 2 September 2014 | Redaksi | Tentang Kami | Hubungi Kami | Info iklan
Kata Kabar
Home / Riau / Pekanbaru
Ijazah Anda Ditahan Perusahaan Tempat Bekerja? Lapor ke Disnaker
Editor : rian
Katakabar.com | Sabtu, 11 Januari 2014 13:10 WIB
Dibaca: 216
ijazah.jpg
Pekanbaru (katakabar) Aksi penahanan ijazah oleh perusahaan untuk menjamin pekerjaan karyawannya memang sudah tak asing lagi didengar. Namun, tindakan itu sebenarnya tak dibenarkan karena dapat merugikan karyawan bila suatu saat terjadi musibah di perusahaan tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Pekanbaru, Pria Budi menyarankan karyawan untuk melapor ke Disnaker bila ada penahanan ijazah yang dilakukan oleh perusahaan. Terkecuali, ada perjanjian tertulis yang dilakukan kedua belah pihak soal kontrak kerja.

"Silahkan melapor kalau ijazah Anda ditahan perusahaan. Kecuali memang sudah ada perjanjian dalam kontrak kerja, Disnaker baru tak bisa menindaknya," kata Pria Budi.

Dijelakan Pria, ada beberapa alasan yang dikeluarkan perusahaan untuk menahan ijazah karyawannya. Pertama, mereka takut karyawannya berhenti sebelum masa kontrak habis. Kedua, mereka tak mau rugi bila suatu saat usai dilakukan pelatihan kerja, karyawannya malah keluar dan tak jadi bekerja usai mendapat pelatihan itu.

"Itu beberapa alasan dari perusahaan yang sempat saya dengar," katanya.

Pria Budi menyarankan, bagi perusahaan yang memang ingin memberlakukan sistim penahanan ijazah, harus melaporkan ke Disnaker terlebih dahulu. Kontrak kerja dengan karyawan untuk menahan ijazah juga harus dilakukan di hadapan Disnaker.












Komentar