Back to Top

Kejadian Karlahut di Rohul Belum Dinyatakan KLB

Penulis : Yahya | Rabu 24 Agustus 2016, 16:22 WIB | Dibaca: 638 Kali | Kategori : Editorial|Rokan Hulu

Plt Bupati Rokan Hulu gelar Coffee Morning bersama Ormas, OKP, LSM, dan organisasi wartawan, Rabu (24/8).

PASIR PANGARAIAN (KataKabar) - Akibat Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang sudah melumat ratusan hektar lahan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sampai kini belum ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Untuk penetapan KLB yang menentukan pihak provinsi (Riau),” tegas Plt Bupati Rohul H. Sukiman, menjawab pertanyaan wartawan usai kegiatan coffe morning dengan Ormas, OKP, LSM dan organisasi wartawan, di aula lantai 3 kantor Bupati Rohul, Rabu (24/8).

Plt Bupati Rohul H Sukiman juga mengakui, Karlahut kali ini tidak separah di tahun 2015 lalu. Namun demikian, Pemkab Rohul bersama Tim Satgas Penanggulangan Karlahut akan terus berupaya melakukan pencegahan.

Jelasnya lagi, saat digelarnya Sosialisasi Karlahut di Convention Hall Masjid Agung Nasional Islamic Center, Kamis (18/8) lalu, Tim Satgas Karlahut juga sudah menyampaikan ke seluruh Kepala Desa, Camat, Danramil, Babinsa, Kapolsek, dan Bhabinkamtibmas dari 16 kecamatan, untuk ikut melakukan pencegahan.

“Kita bersama tim Karlahut sudah berupaya, mencegah dan memberikan pemahaman ke masyarakat, juga ada kesepakatan turun bersama ke lapangan. Kejadian sekecil apapun agar segera diselesaikan,” tegas Sukiman.

Terkait kebakaran lahan gambut yang lebih dari 350 hektar di Kecamatan Bonai Darussalam, dan sebagian besar milik PT. APSL dan PT. BDB, kemudian sebagian kecil milik masyarakat, Sukiman menyatakan terkait Karlahut sepenuhnya diserahkan ke aparat terkait.

“Permasalahan Karlahut kita serahkan ke pihak Kepolisian, untuk penyelidikan dan proses hukumnya,” kata Plt Bupati Rohul Sukiman.(Adv/Humas)


Editor : Joe David



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android