Back to Top

Terkait Sengketa Laut Cina, Jepang Bantu Kekuatan Maritim Vietnam

Penulis : Joe | Kamis 08 September 2016, 06:37 WIB | Dibaca: 415 Kali | Kategori : Internasional|

TOKYO (KataKabar) - Untuk meningkatkan kekuatan maritim dalam sengketa teritorial dengan Cina, Pemerintah Jepang menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan kapal patroli kepada Vietnam.

Kepada Vietnam, Jepang telah menyediakan dua kapal patroli besar dan lima pesawat pengintai untuk Filipina. Serta bantuan lain untuk negara yang bersengketa dengan Cina di Laut Cina Selatan. Jepang sendiri berselisih dengan Cina mengenai pulau kecil tak berpenghuni di bagian timur Laut Cina Selatan.

kepada Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan , mengenai niat Jepang memberikan bantuan, saat mereka bertemu di KTT ASEAN Laos.

Cina mengklaim hampir semua wilayah Laut Cina Selatan. Wilayah tersebut merupakan wilayah perdagangan yang perputaran uangnya mencapai 5 triliun dolar AS per tahun. Laut yang diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam ini juga diyakin kaya minyak dan gas.

Utuk diketahui, Pengadilan arbitrase di Den Haag, Belanda, pada Juli lalu memutuskan klaim Cina atas Laut Cina Selatan tidak valid. Namun, Cina menolak untuk mengakui keputusan itu.


Editor : Joe David



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android