Back to Top

Seminar Nasional IKA UNPAD

Cari Solusi di Balairung Soesilo

Penulis : aziz | Kamis 08 Desember 2016, 13:32 WIB | Dibaca: 518 Kali | Kategori : Nusantara|

Walikota Bandung, Ridwan Kamil (pakai peci) menjadi salah satu narasumber pada Seminar Nasional "Menghadapi Perlambatan Ekonomi Global dan Nasional" yang ditaja oleh IKA UNPAD di Jakarta. foto. ist


Jakarta (katakabar) - Balairung Soesilo Sudharman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata di jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat itu, sejak tadi pagi dijejali hampir 200 orang.

Mereka bukan pegiat pariwisata, tapi justru orang-orang yang ingin menyatukan pendapat dan memberikan masukan soal kondisi ekonomi sekarang, pada Seminar Nasional bertajuk 'Menghadapi Perlambatan Ekonomi Global dan Nasional' yang ditaja oleh Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA UNPAD) di lantai satu gedung itu.

Selain 150 peserta, sejumlah petinggi juga hadir di sana. Mulai dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, sebagai keynote speech, Muryono (Dirut PT BTN), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), M Arif Wibowo (Dirut Garuda Indonesia) dan Lokot Ahmad Endah (Asdep Pengembangan Destinasi Pariwisata- Kementerian Pariwisata) hadir di sana sebagai narasumber.

Kepada katakabar.com, ketua panitia seminar, Ari Wibowo, cerita bahwa sejak tiga tahun lalu, perlambatan ekonomi global sudah mulai terasa.

Bangkrutnya ekonomi Yunani dan Venezuela disebut-sebut menjadi pemicu sentimen negatif ekonomi global. Ini tentu sangat berdampak terhadap ekonomi nasional.

Belum lagi melambatnya ekonomi Tiongkok disebut menjadi penyebab utama anjloknya produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Selama ini ekspor koomoditas primer ke Tiongkok baik-baik saja. Tapi belakangan kondisi itu merosot drastis. Ini tentu sangat berdampak terhadap kondisi ekonomi nasional," katanya.

Buktinya kata Ari, pemerintah kemudian meningkatkan hutang dan memangkas belanja publik termasuk sektor pelayanan sosial demi menomboki defisit anggaran.

Biar Indonesia bisa segera keluar dari kondisi semacam ini kata Ari, perekonomian global yang sehat musti segera didorong, biar tahun depan pelaku industri dan usaha serta masyarakat bisa segera menggeliat. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi akan terasa.

"Nah, seperti apa kondisi sebenarnya dan ide-ide apa saja yang bisa kita sodorkan untuk mengatasi krisis ini, akan kita kupas di seminar nanti. Mudah-mudahan ketemu lah solusi kongkrit," Ari berharap.

Seminar ini kata Ari menjadi sederet kegiatan IKA UNPAD yang sudah berjalan sejak rumah para alumni ini dikomandani oleh Hikmat Kurnia, April tahun ini.

 

 


Editor : Aziz



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android