Back to Top

Tentang Kasus DBD di Rohul

Alhamdulillah...Status KLB Dicabut

Penulis : Yahya | Kamis 09 Maret 2017, 23:36 WIB | Dibaca: 284 Kali | Kategori : Kesehatan|Rokan Hulu

Pasir Pangaraian (katakabar) - Dari dua hari lalu, Masyarakat Rokan Hulu (Rohul) sudah bisalah menarik nafas lega. Sebab sejak hari itu Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul sudah mencabut status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Tadi siang Kadis Kesehatan Rohul drg Grifino Dahlihardy mengatakan pencabutan status itu lantaran dari minggu ke-9 persis 3 Maret, kasus DBD sudah menurun. Sayangnya Grifino tak menyebutkan berapa total penurunan angka tadi.

Grifino memastikan kalau penurunan angka tadi tak lepas dari komitmen bersama Pemkab Rohul bersama lintas sektoral dan masyarakat desa di Rohul yang telah melaksanakan kegiatan penanggulangan cepat.
Mulai dari penyuluhan, pemberantasan sarang nyamuk (PSN), fogging dan pemberian bubuk abate serta membersihkan lingkungan tempat tinggal sudah dilakukan.

Meski angka kasus DBD sudah menurun kata Grifino, dia masih terus berharap supaya Kepala Puskesmas se Rohul tetap waspada.

Grifino minta supaya masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat agar kasus yang sama tak merebak lagi. "Kebersihan perkarangan menjadi kunci utama. Drum, Ban Bekas, kaleng kosong yang digenangi air akan menjadi tempat yang nyaman bagi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypty. Nah yang semacam ini tolong diperhatikan. Jangan sampai ada benda yang tergenang air berlama-lama," pintanya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Rohul merilis, bahwa sejak 1 Februari hingga 3 Maret 2017 total kasus DBD mencapai angka 224. Angka ini tersebar di 14 kecamatan, kecuali Kepenuhan dan Bonai Daruusalam.
Dari 224 kasus itu, yang terbanyak berada di Kecamatan Rambah Hilir; 53 kasus, Rambah 40 kasus, Tambusai 17 kasus, Ujung Batu 14 kasus, Bangun Purba dan Kecamatan Tandun masing-masing 13 kasus.


Editor : Aziz



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android