Back to Top

Pabrik RSI Ditutup, Cerita Saham Pemkab Rohul Nongol

Penulis : Yahya | Kamis 15 Juni 2017, 04:37 WIB | Dibaca: 111 Kali | Kategori : Lingkungan|Rokan Hulu

Pasir Pangaraian (katakabar) - Meski cuma lima persen, diam-diam, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) rupanya punya saham di Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Rokan Sawit Industri (RSI), di Desa Ngaso Kecamatan Ujung Batu.

Ini ketahuan setelah dua hari lalu Komisi I DPRD Rohul menggelar hearing dengan manajemen perusahaan itu. Hearing ini terkait tindakan Bupati Rohul, Suparman, yang menutup sementara operasional perusahaan ini lantaran disebut-sebut doyan membuang limbah ke Sungai Ngaso dan nyaris tak mau tau dengan masyarakat sekitar.

Nah pas di hearing inilah muncul angka lima persen tadi. Uniknya, Manager RSI, Torang mengatakan kalau saham itu sudah ditarik kembali oleh Pemkab Rohul. "Tidak ada lagi saham itu di perusahaan kami sekarang," kata Torang saat ditanya oleh ketua Komisi I DPRD Rohul, Mazril.

Sederet pertanyaan langsung berhamburan. Sejak kapan Pemkab Rohul punya saham di perusahaan itu? Nilainya berapa? Kemana dan siapa yang menerima aliran duit keuntungan saham itu selama ini?

Mazril penasaran. Dalam hearing itu dia langsung mengusulkan untuk segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk menelusuri keberadaan saham yang disebut Torang tadi. "Biar kita tahu kebenaran dan aliran saham itu," tegasnya.

Jika pansus ini benar dibentuk dan bisa bekerja jujur, akan menjadi babak baru di Rohul bahkan di Riau. Sebab bukan tidak mungkin Pemkab lain juga melakukan hal yang sama; diam-diam menanam saham di perusahaan swasta.

Untung saja Suparman buru-buru menindak RSI dan berujung hearing. Kalau tidak, sampai sekarang cerita saham yang lima persen tadi belum tentu akan segera mencuat. hehehe...


Editor : Aziz



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android