Back to Top

Tamu Istana Generasi Nusantara

Penulis : aziz | Kamis 06 Juli 2017, 21:32 WIB | Dibaca: 79 Kali | Kategori : Pendidikan|Siak

peserta OSN saat wisata edukasi ke 'Negeri Istana'. foto. hms setdakab Siak

Siak (katakabar) - Sebentar lagi, 'Negeri Istana' Kabupaten Siak tidak lagi hanya menjadi buah bibir orang-orang dewasa. Tapi juga di kalangan remaja.

Tadi siang, 800 an pelajar SD, SMP dan SMA dari seantero Nusantara bertandang ke sana. Mereka adalah para peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-16 yang kebetulan digelar di Pekanbaru dari tanggal 2 hingga 8 bulan ini.

Untuk menambah pengetahuan mereka soal kebudayaan, panitia memboyong mereka dalam tajuk wisata edukasi. Mulai dari istana, Balairung, Masjid Sahabuddin dan peninggalan kerajaan lainnya, mereka tengok. Tak terkecuali Komet --- gramofon raksasa --- yang cuma ada dua di dunia itu. Satu lagi ada di Jerman.

Fernando, siswa SMP Santa Maria Cirebon, Jawa Barat, ini mengaku kagum dengan apa yang dia tengok di Siak.
"Siak ini indah, bersih. Peninggalan sejarahnya pun bagus-bagus," katanya.

Pengakuan ini menjadi salah satu alasan kenapa wisata edukasi kata ketua rombongan, Basri, memilih Kabupaten Siak.

"Kami mendengar nilai sejarah dan budaya di Siak masih sangat kental, terutama budaya melayu. Alhamdulillah perjalanan kami tidak sia-sia. Memang benar Siak itu indah, bersih dan juga sangat mejaga sejarah daerahnya," katanya.

Sebelum menengok semua tadi, rombongan masih sempat singgah di gedung Tengku Maharatu. Mereka disambut Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Siak, Fauzi Asni.


Editor : Aziz



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android