Back to Top

Menuju Kota Pusaka

TACB Data Cagar Budaya di 3 Daerah

Penulis : aziz | Minggu 16 Juli 2017, 09:45 WIB | Dibaca: 87 Kali | Kategori : Riau|Siak

Siak (katakabar) - Dua hari lalu Bambang R Yudhawan bertolak ke Jakarta. Tugas Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACB) ini baru saja rampung setelah dua hari mensurvey dan mendata sejumlah cagar budaya yang ada di Kabupaten Siak.

Pendataan dan survey ini menjadi bagian dari upaya Indonesia untuk mewujudkan kawasan yang dianggap layak menjadi Kota Pusaka. "Jadi kita tak sekadar melindungi, tapi juga mengembangkan gimana caranya supaya Kota Pusaka itu memiliki nilai tambah. Baik itu untuk edukasi, maupun ekonomi," kata Yudha kepada katakabar.com dua hari lalu.

Yudha merinci, di Indonesia, ada tiga daerah yang sedang mereka survey, termasuk Malang dan Surakarta. "Hasil dari survey ini nanti menjadi penentu apakah cagar budaya yang ada akan kita renovasi atau direstorasi. Pekerjaan renovasi atau restorasi akan dimulai tahun depan," katanya.

Terkait cagar budaya yang ada di Siak kata Yudha, menjadi teramat penting bagi Indonesia. Sebab dalam sejarah, Siak adalah satu-satunya kerajaan yang menyerahkan kedaulatan dan harta bendanya kepada negara saat Indonesia merdeka.

Khusus di Siak, ada 13 cagar budaya yang sudah masuk kategori nasional. Empat diantaranya menjadi perhatian TACB. Salah satunya adalah tangsi belanda yang masih berdiri kokoh di kawasan Mempura, seberang Istana Siak. "Ini peralihan zaman yang tidak bisa kita pungkiri," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Siak, Irving Kahar, mengatakan, belakangan Siak sedang getol-getolnya menata kecamatan Siak menjadi Kota Pusaka. Alasannya, sederet peninggalan sejarah masih tertata apik di sana. Mulai dari Istana Siak, Balairung Kerapatan, Masjid Syahabuddin, Kapal Kato, Gudang Mesiu, Tangsi Belanda dan sederet peninggalan lain.

"Ini pekerjaan yang tidak mudah dan butuh waktu lama. Rencana Aksi Kota Pusaka menjadi penentunya. Kami yakin Siak bisa menjadi Kota Pusaka kelas Nasional bahkan Dunia," katanya.


Editor : Aziz



Ingin mengirimkan berita menarik di sekeliling anda ? SMS ke nomor : 0822 8311 0007 atau kirim Email ke alamat : redaksi@katakabar.com (harap cantumkan data diri anda).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :



 

Download Aplikasi Android