PT SIPP Hadir Bantu Masyarakat, Ini Asa Tokoh Masyarakat Sakai ke Pemerintah

Duri, katakabar.com - Hadirnya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sawit Inti Prima Perkasa (SIPP) di kawasan Jalan Rangau kilometer 6, persisnya di Jalan Lingkar Barat Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau Duri Kabupaten Bengkalis, sangat membantu masyarakat untuk memperkerjakan suku sakai.

"PKS PT SIPP itu pekerjanya 85 persen dari warga suku sakai yang belum mengenal tulis dan baca. Jarang ada perusahaan apa pun yang beroperasi di daerah Duri memberikan pekerjaan yang layak kepada warga suku sakai," kata salah seorang Ketua RW Kelurahan Pematang Pudu, Joher kepada katakabar.com saat dikonfirmasi bye telepon genggamnya terkait penyegelan PKS PT SIPP pada Sabtu (30/4).

Dijelaskan Joher, masyarakat terutama warga suku sakai yang bekerja di PKS PT SIPP bukan untuk mencari kekayaan, tapi cuma untuk membiaya kebutuhan sahari-hari cuma buat makan. Artiya, warga sakai yang belum pandai tulis dan baca bekerja cuma demi sejengkal perut

Kalau PKS PT SIPP tidak beroperasi lagi alias tutup, warga bekerja dimana lagi sehingga bakal jadi pengangguran. Namanya menganggur tak punya penghasilan terus warga suku sakai yang bekerja tadi di PKS tersebut mau makan apalagi.

Ha ini bakal berdampak kepada terjadinya gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), seperti pencurian dan lainnya, sebab warga butuh makan apa pun bisa dilakukan demi sejengkal perut.

Harapannya sambung Joher, kepada pemerintah cari solusi terbaik terkait PKS PT SIPP biar masyarakat khususnya warga suku sakai yang belum pandai tulis dan baca bisa bekerja lagi di pabrik tersebut.

Dari catatan katakabar.com sebagai upaya PT SIPP untuk memperbaiki lingkungan sekitar operasional perusahaan atas pembinaan dari pemerintah sudah dilakukan pelepasan ikan, memberikan antuan untuk nelayan tradisional, dan bantuan sembako untuk masyarakat sekitar, serta dilakukannya peninggian tanggul. Bahkan PT SIPP siap dibina pemerintah agar dapat mendukung program pemerintah.

Editor : Sahdan

Berita Terkait