50 Kepala Daerah Bakal Hadiri Rakernas JKPI di Siak

SIAK, katakabar.com - Sebanyak 50 kepala daerah dari 70 kepala daerah kabupaten/kota yang terdaftar sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) akan hadir pada Rakernas JKPI ke-VIII dan iven Festival Kota Pusaka Indonesia 2020 di Kabupaten Siak pada 3-6 April mendatang.

"Yang sudah konfirmasi ke kita 50 kepala daerah akan hadir. 18 Pemko dan sisanya Pemkab. Persiapan sudah mencapai 75 persen. Jadwal acara tadi juga telah disampaikan Bupati Siak kepada peserta JKPI di Jakarta dua pekan yang lalu,” kata ketua panitia pelaksana kegiatan, Hendrisan kepada katakabar.com, Minggu (9/2). 

Hendrisan mengatakan, para anggota dan kontingen Rakernas JKPI akan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, pada 3 April mendatang. Sampai di Kota Siak Sri Indrapura, mereka akan di sambut di Gedung Lembaga Adat Sultan Yahya Muzaffar Syah, Siak.

Terus malamnya, akan di jamu makan malam di Tangsi Belanda Kecamatan Mempura, tak jauh dari Kota Siak Sri Indrapura.

"Tanggal 4 April, sudah mulai acara diawali dengan pameran manuskrip kuno dan pembukaan bazar dan pelaksanaan Rakernas di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Kecamatan Mempura," jelasnya.

Di hari yang sama (tanggal 4), juga akan dilaksanakan program Pengenalan Budaya Untuk Pelajar (Master Class) di Gedung Kesenian, dan Ladies Program di Taman Tengku Agung Siak Sri Indrapura.

"Siang hingga sore harinya, akan digelar karnaval Budaya Kota Pusaka Indonesia di depan Istana Siak Asserayah Al Hasyimiah dan Festival Sungai Siak (Karnaval Perahu Hias) di Tepian Sungai Jantan. Setiap kabupaten/kota akan mengutus 125 orang untuk memeriahkan pawai tersebut," kata Asisten II Sekdakab Siak ini.

Untuk rangkaian akhir kegiatan, kata Hendrisan akan diisi dengan agenda penanaman pohon oleh para peserta di areal gedung daerah serta dilanjutkan dengan Seminar Internasional JKPI.

"Maka itu, sebelum hari H, seminggu sekali seluruh koordinator panitia akan melaporkan kembali progress persiapan kepada Bupati, dan diharapkan mendekati H, progres persiapan acara sudah mencapai 100 persen," ujarnya.

Editor : Sahril

Berita Terkait