BPBD Siak: Hujan Bikin Titik Api Karhutla Kurang

Siak, katakabar.com - Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dua hari terakhir membantu mengurangi titik api yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

"Ada pengaruhnya hujan dua hari kemarin. Sebagian besar bahkan hanya menyisakan asap tipis," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Siak, Irwan Priyatna dikonfirmasi katakabar.com, Senin (8/3).

Selain itu kata Irwan, embung yang dibikin disekitar lokasi Karhutla juga penuh air. Sebab, masih terjadi Karhutla dibeberapa titik pekan lalu hingga saat ini masih menyisakan asap tipis

"Jumat pekan lalu, terjadi Karhutla di Temusai Kecamatan Bungaya. Luasnya sekitar 5 hektare. Karena hujan pada Sabtu-Minggu kemarin, petugas terbantu memadamkan api," kata dia.

Meski begitu, pihaknya masih akan terus mengevaluasi terjadi Karhutla di wilayah Kabupaten Siak. Sebab, hingga hari ini ternyata masih ada muncul titik api dalam skala kecil.

"Hari ini cuaca mulai panas. Jadi masih ada muncul titik apa dalam skala kecil wilayah Kecamatan Bungaya," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun, sejak Januari sudah 45 hektare lahan di wilayah Kabupaten Siak dilahap api. Rata-rata, lahan yang terbakar kebun kelapa sawit milik masyarakat. 

Editor : Sahril

Berita Terkait