Ditpolairud Polda Riau Tinjau Vaksinasi di Kepulauan Meranti

Selatpanjang, katakabar.com - Ditpolairud Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Riau, Kombes Pol Eko Irianto tinjau pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Desa Alahair Timur, pada Kamis (13/1) malam lalu. Giat itu rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kombes Pol Eko Irianto tak sendirian saat itu, tapi didampingi Kasubdit Patroli Dit Polairud Polda Riau, AKBP Ronald Sumaja, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG, Kapolsek Tebingtinggi, Iptu Aguslan, Wakapolsek Tebingtinggi, Ipda Iskandar Novianto, dan Kasi Dokkes, Iptu Mulyadi.

Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) jajaran Polda Riau ini melihat pelaksanaan kegiatan penyuntikan vaksinasi Covid 19 oleh Tim Vaksinator Gerai Presisi Polres Meranti dengan sasaran vaksin masyarakat umum, remaja dan lansia.

Vaksinasi yang dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB hingga 22.15 WIB itu disiapkan sebanyak 807 vial atau 1614 dosis vaksin CoronaVac, dan 53 vial atau 318 dosis vaksin Pfizer. Untuk pemakaian, 16 vial atau 32 dosis vaksin CoronaVac dan 3 vial atau 18 dosis vaksin Pfizer.

"Peninjauan ini asistensi yang diperintahkan Kapolda Riau untuk turun ke kabupaten-kabupaten termasuk kabupaten termuda di Riau. Saya diberi kesempatan ke Kabupaten Kepulauan Meranti, selain berkoordinasi dengan Kapolres dan Forkopimda di sini, kami sudah melaksanakan supervisi asistensi berkumpul bersama Satgas Covid 19 termasuk Forkopimda dan timnya dari Polres Meranti," ujar Kombes Pol Eko Irianto.

Dijelaskan Eko Irianto, pihaknya memberikan asistensi, petunjuk dan arahan kegiatan sudah harus diikuti sesuai dengan arahan dan petunjuk pemerintah pusat maupun provinsi terkait percepatan vaksinasi di setiap kabupaten.

"Untuk vaksinasi dari masing-masing kabupaten dan provinsi itu memang harus sudah 70 persen, termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Kita sudah melihat persiapan dan kelengkapan-kelengkapan yang ada di di sini terutama di rumah sakit dan tempat isolasi lainnya juga sudah siap," ulasnya.

Apresiasi kinerja Polres Kepulauan Meranti yang bekerja sama dengan pemerintah setempat yang telah berupaya memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan itu dengan melaksanakan vaksinasi hingga malam hari.

"Kami yang turun dari provinsi ini memberikan dukungan dan semangat, dan bila ada kebutuhan di sini yang belum terpenuhi kami sampaikan nanti setelah kembali ke provinsi, seperti mungkin obat-obatan, kemudian oksigen ataupun kelengkapan-kelengkapan dari rumah sakit seperti tempat tidur dan sebagainya nantinya akan kami koordinasikan ke provinsi," sebutnya.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul menimpali, giat pelaksanaan pemberian penyuntikan vaksin guna mencegah, memutus mata rantai dan menurunkan penyebaran virus Covid 19.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Meranti. Mulai Anev setiap malam pelaksanaan vaksinasi, hingga memberikan stimulus atau hadiah kepada peserta vaksinasi.

"Ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak. Semua bergerak, baik TNI-Polri maupun Pemda tidak kenal lelah baik siang maupun malam hari agar target ini tercapai," imbuhnya

Vaksin Menolong Nyawa Orang

Ditpolairud Polda Riau, Kombes Pol Eko Irianto SIK menyebutkan, betap penting pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat adalah untuk menolong nyawa orang, tegasnya sesudah lihat pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 hingha 11 tahun di SDN 014 Banglas dan vaksinasi umum di pos Sat Polairud Kepulauan Meranti, Jumat (14/1) pagi.

Wakil Bupati Kepuluan Meranti, Asmar, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG , Kapolsek Tebingtinggi, Iptu Aguslan, dari Pos AL Selatpanjang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Meranti turut mendampingi Ditpolairud Polda Riau.

"Mindset kita terkait vaksin ini adalah untuk menolong nyawa orang. Kita membantu menjaga masyarakat, sebab dengan vaksin ini bisa terbentuk herd immunity. Dengan kebersamaan dan kekompakan, kita menyelamatkan masyarakat dalam menjalankan program vaksinasi," bebernya.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Asmar mengajak semua stake holder terkait untuk bahu-membahu menyukseskan program vaksinasi di Kepulauan Meranti.

"Kita harus terus bekerja keras menyelamatkan nyawa manusia dengan vaksinasi ini. Terima kasih atas perhatian dari Polda Riau yang mendukung terlaksana vaksinasi di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait