DPD SPRI Sumut Dilantik

Medan (Katakabar) - Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) periode 2018-2023 resmi dilantik, di Grand Inna Hotel Medan, kemarin (25/08/2018).

Pelantikan dipimpin Ketua DPP SPRI Heince Mandagie didampingi Sekretaris Edy Anwar Aspar. Acara dihadiri oleh unsur Muspida Sumatera Utara, pimpinan media serta puluhan undangan lainnya. Mewakili Pj. Gubernur, Kadis Kominfo Sumut Muhammad Fitriyus.

Dalam pidatonya Heince mengatakan, SPRI sebagai Organisasi Pers maupun Organisasi Pers lainnya sesuai UU Pokok Pers No. 40/1999, berperan strategis dalam menentukan arah kemerdekaan pers. 
Pers merdeka adalah Pers yang Independent. Untuk menuju kemerdekaan pers tersebut, wartawan harus sepenuhnya independent begitu juga independent dalam hal ekonomi.

”UU Pokok Pers ada pada salah satu pasalnya menyebutkan hal demikian, Dewan Pers harus memberdayakan organisasi pers melahirkan kebijakan tentang pers termasuk soal kesejahteraan,”ungkap Hence.

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Kominfo Fitriyus berharap keberadaan SPRI di Sumut dapat berada di posisi terdepan dalam membangun Sumatera Utara. 

Bukan hanya biasa saja, juga dalam pemberitaan kiranya berguna untuk kepentingan yang membangun bagi masyarakat banyak, bukan kepentingan pribadi.

DPD SPRI Sumut yang dilantik dipimpin oleh  Fernando Sitohang (www.patrolinews.com) sebagai Ketua dan Devis Karmoy (iNews TV) sebagai Sekretaris serta Monang Sitohang sebagai Bendahara serta didukung oleh beberapa Ketua Bidang juga puluhan pengurus lainnya. 

Salah seorang ketua bidang yakni Bidang Litbang Otti Batubara begitu yakin keberadaan SPRI di Sumut akan membuat perubahan dan nuansa baru bagi teman teman wartawan. Sesuai dengan bidang yang diketuainya, Otti mengusulkan untuk membuat diskusi serta pelatihan jurnalis. 

Minimal Diskusi dilakukan sekali dalam dua bulan. Thema yang diusung DPD SPRI Sumut pada pelantikan tersebut adalah " Menuju Jurnalis yang Profesional dan Sejahtera,"katanya. 

Editor :

Berita Terkait