H Yusuf Lubis: Data Kekayaan Baru Bangsa Lebih Berharga Dari Minyak

  • Reporter:
  • 11 Januari 2020, 16:15:06 WIB
  • Nusantara

Pasaman, katakabar.com - Memasuki pekan kedua Januari 2020 lalu, Pemkab Pasaman melaksanakan penandatanganan deklarasi dukungan Sensus Penduduk 2020, sebagai bentuk kebulatan tekad dan semangat yang sama, demi keberhasilan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Pasaman.

"Untuk mewujudkan komitmen bersama dalam mendukung program pemerintah menghitung jumlah penduduk Indonesia Sepuluh Tahun sekali, di Tahun berakhirnya angka nol dan penginplementasian program “Satu Data Indonesia” berdasarkan peraturan presiden Nomor 39 Tahun 2019," kata Bupati Pasaman, H Yusuf Lubis SH M.Si dalam sambutannya, seperti dilansir dari Situs Resmi Pemkab Pasaman.

Meneruskan pidato Presiden RI, Joko Widodo ujar H Yusuf Lubis, Data kekayaan baru bangsa Indonesia, lebih berharga dari pada minyak. Kedaulatan data mesti diwujudkan, sebab hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan tidak boleh ada kompromi.

"Dengan program Satu Data Indonesia ke depan tidak ada lagi perbedaan data antara instansi yang satu dengan instansi lainnya sehingga memudahkan pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan."

Dasar hukumnya jelas, dengan satu data lebih baik guna menghilangkan pertentangan  data. Melalui penandatanganan MoU satu data Indonesia ini, sebagai awal dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk menginplementasikan program “Satu Data Indonesia” dalam mengelola data Informasi secara akurat dalam proses pembangunan di Kabupaten Pasaman, papar Bupati Pasaman.

Tahun 2020 ini, kita menghadapi momentum besar. Sensus penduduk 2020 (SP2020) merupakan sensus penduduk yang ke 7 sejak kemerdekaan Indonesia. Di Tahun ini, tidak cuma Indonesia yang melaksanakan sensus penduduk, terdapat 54 negara di dunia yang melakukan sensus penduduk dan perumahan seperti, Negara yang berpenduduk paling besar di dunia, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Hasil SP2020 menyajikan data penduduk hasil registrasi kependudukan atau data de yure dan penduduk hasil pendataan di lapangan atau defacto. Berbagai parameter dasar demokrafi seperti kelahiran, migrasi dan kematian sera data proyeksi penduduk untuk beberapa tahun ke depan.

Tam kalah penting, hasil SP2020 dapat digunakan sebagai pengukuran kinerja tujuan pembangunan berkelanjutan atau dengan SDG’S  di Tahun 2030 serta untuk evaluasi dan perencanaan pembangunan.

Untuk itu, deklarasi dukungan sensus penduduk 2020 ini, salah satu bentuk perhatian dan dorongan dari pemerintah daerah, lembaga dan instansi, camat se Kabupaten Pasaman, untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Pastikan semua penduduk Kabupaten Pasaman tercatat, sukseskan penduduk 2020 di Kabupaten Pasaman.

Mari bersa-sama bangu komitmen dan mengawal pelaksanaan SP2020 ini, lantaran komitmen merupakan tonggak awal keberhasilan pengumpulan data kependudukan yang valid dan terpercaya.

Di imbau kepada masyarakat Kabupaten Pasaman untuk ikut serta dalam SP2020. Pastikan diri, semua tercatat pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020, sebutnya.

Wakil Bupati Pasaman, H Atos Pratama ST, Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD, Kabid, Kabag, Camat se Kabupaten Pasaman, serta seluruh ASN, karyawan-karyawati di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait