Hujan Es Landa Kota Binjai, Sebagian Pohon Tumbang Rumah Poranda

Binjai | Katakabar. com

Hujan es melanda sebagian Kota Binjai, Sumatera Utara. Butiran es sebesar guli ini sempat menghantam seng dan membanjiri pelataran rumah warga, Minggu (22/5/2022). 

Seperti video berdurasi sekitar 21 detik yang diabadikan Erwin (36) warga Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara. Dalam video, terlihat butiran es berserak dihalaman rumahnya. 

"Hujan es melanda Kota Binjai, Sumatera Utara," terang Erwin, dalam video yang dikirimnya melalui pesan WhatsApp.

Hujan es ini juga sempat membuat sebagian warga heran. Diketahui Indonesia hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan panas. Baru ini warga menyaksikan langsung hujan es seperti di negara-negara lain. 

"Hujan es, hujan es ini, lihatlah esnya ini kalau gak percaya," jelas Hendra (34), warga Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Binjai Barat, sembari mengambil es untuk diperhatikan secara jelas kepada saudara-saudaranya. 

"Iya ya, pantas tadi seng gelondengan seperti dilempati orang. Rupanya hujan es dan aku lihat tadi memang dari dalam es menghantam seng lalu terpental," sambung saudara wanitanya Erni (32). 

Hujan kali ini memang terbilang cukup deras. Tidak hanya hujan es yang membuat sebagian warga panik. Akibat hujan deras dan disertai angin kencang ini juga mengakibatkan sebagian pepohonan tumbang. 

Pohon yang tumbang sempat menutupi badan jalan dan memutus aliran listrik. Padahal hujan yang terjadi hanya sekitar setengah sampai satu jam. 

"Pohon dekat rumah tumbang karena dihantam angin kencang. Listrik disinipun padam akibat kabel putus ketimpa pohon," jelas Erwin lagi.

Sejauh ini belum ada data resmi dari pihak Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, berapa jumlah pohon yang tumbang ataupun adanya kebanjiran. Pihak BPBD masih melakukan pendataan terkait kerusakan yang terjadi akibat hujan disertai angin kencang. 

Dilapangan, selain pohon yang tumbang ada juga baliho yang rusak di Kota Binjai, yang rusak akibat hujan disertai angin. Sementara petugas gabungan dibantu warga mulai melakukan pembersihan. 

Masyarakat memotongi pepohonan yang tumbang dan menutup badan jalan. Demikian juga dengan petugas PLN yang turun guna memperbaiki aliran listrik yang sempat terputus.

Editor : Dedi

Berita Terkait