Tiba di 'Bumi Lancang Kuning'

Irjen Pol Iqbal Siap Maksimalkan dan Dedikasikan Tugas Kepolisian Majukan Riau

Pekanbaru, katakabar.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Riau yang baru, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal tiba di Pekanbaru lewat VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II, pada Sabtu (1/1).

Kedatangan Irjen Iqbal disambut Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, Danrem 031 Wirabima, Brigjen M Syeich Ismed dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, Ketua Lembaga Adat Melayu Datuk, Syahrial, tokoh masyarakat hingga wartawan.

Begitu tiba di VVIP Bandara SSK II, Irjen Pol Iqbal dan istrinya disambut tari persembahan dan prosesi pengalungan bunga. Kapolda Riau baru sempat singgah sebentar di ruang transit, dan berbincang dengan Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, serta Forkopimda. Wajah Kapolda Riau pengganti posisi Irjen Pol Agung SIE tersebut tampak berseri-seri sembari melepas senyum.

Sebelum meninggalkan VIP Lancang Kuning SSK II Pekanbaru, Irjen M Iqbal sapa wartawan. Bukan tanpa alasan, jenderal bintang dua tersebut memang dikenal akrab dengan kalangan wartawan, bahkan pernah pula menjabat sebagai Kadiv Humas Mabes Polri.

"Bertepatan dengan tahun baru pula, semoga ini membawa berkah. Prinsipnya cuma satu, Insya Allah saya akan maksimalkan, mendedikasikan diri (kepolisian) mensupport gubernur dan elemen masyarakat untuk memajukan Riau," ujarnya kepada wartawan.

Riau punya kesan tersendiri bagi Irjen Pol Iqbal. Apalagi pernah berdinas di 'Bumi Lancang Kuning'.

“Saya bersyukur dan bahagia, bisa bertemu sahabat lama, saya pulang kampung dan ketemu teman lama," kata Kapolda Riau.

Meski pernah berdinas di Riau, Iqbal meyakini sesegera mungkin menyesuaikan diri. Apalagi konsentrasi kepolisian saat ini salah satunya menyangkut pencegahan penularan Covid 19.

"Saat pandemi ini, saya sesegera mungkin menyesuaikan. Program di Riau yang bagus saya lanjut gigi lima. Gaspol dan menyesuaikan dengan baik," tegasnya.

Kedatangan Irjen Iqbal juga turut disambut jajaran Pejabat Utama (PJU) dan sejumlah Kapolres.

Sore ini kegiatan rencana dilanjutkan dengan memimpin kegiatan Korps kenaikan pangkat, jadi apel perdana Mohammad Iqbal menjabat Kapolda Riau.

Siap Bersinergi Majukan Negeri Tanah Melayu Riau

Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menegaskan kesiapannya menjalankan tugas sebagai Kapolda Riau. Siap bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, menjalankan program-program pembangunan demi memajukan Negeri Tanah Melayu.

Bahkan disebutkan mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, dirinya akan langsung gaspol gigi lima.

Irjen Iqbal mendarat di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Sabtu (1/1), sekira pukul 09.00 WIB.

Tiba di gedung VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jenderal bintang dua ini sudah ditunggu sejumlah pejabat daerah dan jajaran Polda Riau.

"Alhamdulillah, saya hari ini landing di Pekanbaru, tahun baru pula, semoga membawa berkah dan tentunya prinsip cuma satu. Insya Allah saya memaksimalkan, mendedikasikan tugas-tugas kepolisian untuk mensupport Bapak Gubernur, seluruh FKPD dan seluruh elemen masyarakat Provinsi Riau untuk memajukan pembangunan nasional di Provinsi Riau," sebut Irjen Iqbal lagim

"Di era pandemi ini, Insya Allah saya segera menyesuaikan. Dan program-program yang sudah bagus, dikomandoi Gubernur, saya gapoll gigi lima, gas pol menyesuaikan dengan baik."

Saya sangat bersyukur dan bahagia kembali ke Riau. Sekali lagi saya bersyukur dan saya bahagia ketemu sabahat lama, saya pulang kampung dan ketemu kawan-kawan lama," bebernya.

Setibanya di bandara, Irjen Iqbal disuguhi tarian tanda selamat datang di 'Bumi Lancang Kuning'.

Setelah mendapat kalungan bunga, dan kepalanya dipakaikan tanjak oleh pihak Lembaga Adat Melayu Riau. Terus, Orang Nomor 1 di Polda Riau berjalan salami satu persatu pejabat Forkopimda dan jajaran Polda Riau yang telah menunggu kedatangannya.

Lepas itu, Irjen Iqbal bersama pejabat Riau masuk ke ruang transit bandara VIP.

Bagi Irjen Iqbal, Riau bukan daerah yang asing lagi. Lantaran, beberapa tahun silam, pernah bertugas di Riau dan beberapa kali memegang jabatan di jajaran Polda Riau.

"Mohon doa dari semua masyarakat Riau untuk menjalankan amanah yang diembannya. Saya komitmen untuk menjaga amanah dengan sebaik-baiknya.

Banyak kenangan manis yang tak terlupakan saat dulu bertugas Riau. Saya sudah tak sabar dan ingin cepat di 'Bumi Lancang Kuning'.

"Pada tahun 2000 silam, saya masuk Riau, pada 2005 saya meninggalkan Riau mengikuti pendidikan Sespim. Putera saya kedua lahir di Riau, saat saya terima telegram mutasi ke Riau, saya bahagia. Seperti pulang kampung. Karena banyak kenangan manis di Riau."

"Elemen masyarakat sangat bersahabat bahkan seperti saudara saya. Apalagi tim saya dulu masih banyak. Saya dulu pertama Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru, terus saya jadi Wakapolres Dumai, terakhir saya jadi Koorspri Kapolda (Riau). Banyak saya interaksi sama anggota," imbuhnya.

Saya siap memajukan Provinsi Riau. Dengan berkolaborasi bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau.

"Saya support penuh, bantu Pak Gubernur. Bersinergi dengan Forkopimda untuk mendukung program-program pembangunan nasional di Provinsi Riau. Khususnya di era pandemi ini, kita support penuh, mendukung penuh. Melanjutkan apa yang sudah dijalankan dan diraih Kapolda lama Pak Agung. Insya Allah saya kuatkan, mohon doa ini amanah, Insya Allah saya jaga sebaik-baiknya."

Sebelum menjabat Kapolda Riau, Irjen Iqbal sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria kelahiran Palembang, 4 Juli 1970 ini lulusan AKPOL 1991 lampau.

Editor : Sahdan

Berita Terkait