Kapoldasu Turun ke Langkat Ajari Anggota Cara Bertindak Atur Lalin

Langkat | Katakabat.com

Jelang puncak arus balik yang diprediksi bakal berlangsung mulai 7 - 8 Mei 2022, skema rekayasa lalulintas mulai dirancang di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Pola pengaturan arus lalu lintas dilakukan guna mengurai kemacetan di sejumlah titik disiapkan di Negeri Bertuah, Kamis (5/5/2022).

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si turun langsung ke Wilayah Hukum Polres Langkat, menggunakan Helikopter Dinas Polri dengan mendarat di lapangan alun alun T. Amir Hamzah, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, guna meninjau langsung situasi terkini arus mudik lebaran. 

Kunjungan Kapolda didampingi oleh sejumlah PJU Poldasu, Kapolres Langkat serta Kapolsek Stabat. Dalam peninjauannya, Kapolda Sumut sempat turun ke jalan melakukan pengaturan lalu lintas di persimpangan jembatan wampu Kecamatan Stabat.

Jalan Lintas Medan - Banda Aceh, tepatnya di Jempatan Wampu, Kecamatan Stabat, yang biasanya jadi lokasi rawan kemacetan
arus balik lebaran jadi titik fokus para personel kepolisian. 

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si dalam arahannya menekankan pola pengaturan lalin agar situasi arus mudik dapat terkendali.

Kapolda Sumut mengarahkan Cara Bertindak (CB), skema dan pola sistem pengaturan lalu lintas di Kabupaten Langkat dalam mengurai kemacetan. 

CB pertama, beber Kapolda, lakukan pengaturan lalin buka tutup dua arah terbatas, kedua prioritas berdasarkan jumlah volume kendaraan yang paling ramai. 

"Lakukan pengaturan lalin di titik persimpangan yang berdekatan dengan Jembatan Wampu. Tutup arah Medan - Aceh di depan Masjid Raya Stabat dan prioritaskan kendaraan dari arah Aceh - Medan mulai dari SPBU Pasar I Gohor arahkan dari lajur kanan. Kemudian setelah lewat Jembatan Wampu, arahkan lajur kiri, dan kembali ke posisi awal higga situasi arus lalin lancar," tegas Kapolda Sumut.

Editor : Dedi

Berita Terkait