Kisah Tiga Dinas di Awal Bulan Maret

Bengkalis, katakabar.com - Pagi itu, awal Bulan Maret 2020, Pantai Perapat Tunggal tidak seperti biasa. Sebuah tenda bak acara pesta perkawinan berdiri di atas pasir, persis di bibir laut. 

Kursi dari plastik dan sofa tersusun rapi di bawah tenda, orang orang duduk santai ditemani deru ombak dan angin berhembus spoi spoi, setelah melakukan aksi bersih bersih di pantai.

Di weekend itu Tiga dinas melakukan sosialisasi, Dinas Perpustakaan dan Kearasipan (Dispersip), Dinas Lingkungan hidup (DLH) dan Dinas Kesehatan (Dinskes) Kabupaten Bengkalis.

Dispersip kali pertama melakukan sosilisasi, masyarakat Desa Perapat Tunggal diajak soal pentingnya membaca bagi anak dan orang tua.

Kegiatan Read Me a Book “bacakan saya buku”, merupakan program pembudayaan gemar membaca dengan lantang kepada anak usia dini atau usia sekolah dilakukan di sana.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca Dispersip, Yana Susilayeni yang melakukan Read Me a Book.

Bunda Baca ini dibantu Forum Anak dan Bujang Dara Bengkalis anak-anak Desa Perapat Tunggal terlihat senang kala mendengarkan buku pilihan mereka dibacakan.

Setelah Dispersip yang membudayakan program Read Me a Book, dilanjutkan DLH memfaatkan momen Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020, guna mengingatkan masyarakat sekitar pantai untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kepala Seksi Pengurangan Sampah, Nurhasanah mengajak masyarakat sekitar untuk memilah antara sampah organik dan anorganik serta memanfaatkan sampah tersebut melalui kerajinan seni atau pun dijual ke Bank Sampah.

Berikutnya Dinkes Kabupaten Bengkalis mensosialisasikan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat, melakukan aktifitas yang sehat serta menjaga kebersihan, itu tema yang paparkan OPD yang dipimpin dr Ersan Saputra.

Editor : Sahdan

Berita Terkait