Komisi I DPRD Kepulauan Meranti Gesa Tim Evaluasi Umumkan Seleksi THL

Selatpanjang, katakabar.com - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggesa tim evaluasi segera selesaikan proses evaluasi dan umumkan hasil seleksi Tenaga Kerja Harian Lepas (THL).

Itu terdengar lantang saat rapat kerja Komisi I DPRD bersama tim evaluasi, meliputi Asisten I, Asisten III, BKD serta Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Rabu (9/2) malam lalu.

Komisi I DPRD Kepulauan Meranti pandang ini sangat perlu digesa, sebab menyangkut kelancaran organisasi pemerintahan. Apalagi, beberapa OPD sangat kewalahan dalam menyiapkan administrasi setelah Bupati tidak lagi perpanjang kontrak terhadap 3.987 THL terhitung 31 Desember 2021 lalu.

Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, Pauzi mengatakan, saat ini selain Aparstur Sipil Negara (ASN), keberadaan THL sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja pemerintah daerah di berbagai bidang.

Untuk itu, pihaknya mempertanyakan proses evaluasi yang dinilai lamban, sebab hingga saat ini hasil evaluasi belum diumumkan.

Sebelumnya Pemkab Kepulauan Meranti menunda pengumuman hasil tes THL tersebut dengan alasan  menunggu hasil seleksi susulan THL yang tidak bisa mengikuti ujian.

“Mohon segera diumumkan hasil evaluasi tenaga non PNS ini, mengingat berbagai kegiatan pemerintahan tahun anggaran 2022 telah berjalan. Selain itu, support tenaga non PNS sangat dibutuhkan," ulas Pauzi.

Politisi Partai Golkar ini menekankan kepada pemerintah agar ke depan lebih jeli lagi dalam membuat sebuah keputusan dan kebijakan agar roda pemerintahan bisa berjalan normal.

Disamping itu, Komisi I dalam menjalankan fungsi pengawasan sampaikan berbagai hal terkait persoalan di bidang pemerintahan untuk ditanggapi dan diselesaikan pemerintah daerah, dimana pihak DPRD mengkhawatirkan terjadinya stagnan di sistem pemerintahan.

Komisi I DPRD Kepulauan Meranti mengimbau agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) segera siapkan pelaksanaan asessment pejabat, serta meminta kekosongan jabatan yang ada di perangkat daerah seperti di pemerintah kecamatan untuk segera diisi, agar tugas-tugas pemerintahan di kecamatan dapat terlaksana secara optimal, jelasnya.

Asisten III sekaligus Ketua tim evaluasi,
Sudandri menyampaikan mengenai
tahapan evaluasi sudah dilaksanakan segera diumumkan, tanpa menyebutkan jelas kapan waktunya.

"Insya Allah, hasilnya segera diumumkan," tegas Sudandri.

Sekretaris BKD, Bakharuddin MPd menambahkan, pelaksanaan assessment menunggu izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang diperkirakan pada bulan Maret 2022 mendatang sudah bisa dilaksanakan, bebernya.

Jelang rapat ditutup, Komisi I DPRD mengingatkan agar ASN di Kabupaten Kepulauan Meranti senantiasa untuk menjaga sikap netralitas sebagaimana yang diamanatkan peraturan perundang-undangan agar nanti tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

Editor : Aziz

Berita Terkait