Kota Binjai Dapat Jatah 305 Jemaah Calon Haji

  • Reporter: Han
  • 14 Januari 2022, 11:29:23 WIB
  • Internasional, Sumut

Binjai|Katakabar.com 

Kabar dibukanya kembali akses umrah dan haji oleh Pemerintah Arab Saudi untuk negara-negara di dunia sepertinya belum membawa angin segar terhadap rencana keberangkatan haji tahun 2022 mendatang. 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji Kementrian Agama Kota Binjai, Lukmanul Hakim mengatakan sampai saat ini belum ada kepastian mengenai jadwal keberangkatan haji tahun 2022. 

"Sejauh ini belum ada kabar atau informasi, apakah ada keberangkatan haji tahun 2022, kita masih menunggu keterangan resmi dari Kementerian Agama di Pemerintah Pusat," kata dia, Kamis (13/1/2022). 

Lukmanul Hakim menjelaskan provinsi Sumatera Utara mendapat kuota sekitar 8.000 lebih jemaah Calon Haji (Calhaj) dibagi perkabupaten kota di Sumut berdasarkan jumlah jamaahnya. 

"Untuk kota Binjai mendapat kuota sekitar 305 jemaah Calon Haji (Calhaj) di tahun 2022. Perihatin dan sedih juga kita terutama kepada ibu-ibu lanjut usia, keinginan untuk melaksanakan ibadah haji tertunda,  berdoalah kita semoga tahun ini bisa berangkat haji," ucapnya. 

Lukmanul Hakim mengatakan untuk melakukan pendaftaran haji minimal usia 12 tahun tapi Waiting List (Daftar tunggu) selama 20 tahun. "Jadi ketika di usia 12 tahun mendaftar haji, berarti di usia 32 tahun baru berangkat,"pungkasnya.

Editor : Dedi

Berita Terkait