Melongok Bhinneka Tunggal Ika di RW 10 Air Jamban

Duri, katakabar.com - Masyarakat yang berdomisili di kawasan Rukun Warga (RW) 10 Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, patut senang dan bangga.

Lantaran RW 10 mendapat predikat pengakuan dari Lurah Air Jamban, Zama Rico dan Camat Mandau, Riki Rihardi, sebagai kawasan RW terbaik, terfavorit, teraktif.

Satu lagi, membuat masyarakat bangga RW 10 mendapat predikat toleransi tinggi yang menjiwai Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Ketua RW 10, T Harita kepada katakabar.com di Duri Senin (24/2) pagi, selama ini di RW 10 Kelurahan Air Jamban, apa pun kegiatan Kelurahan, dirinya terus mengikuti.

"Apa pun perintah pimpinan dilaksanakan dan selalu tercepat dalam penyampaian data yang dibutuhkan," ujarnya.

Kata mantan wartawan ini, dari tahap perencanaan pembentukan panitia MTQ dan saat berlansung MTQ, RW 10 terus mengikuti sekaligus mendorong memfasilitasi warga RW 10 yang beragama Islam untuk ikut ambil bagian dari perhelatan MTQ Kelurahan.

Dengan adanya dorongan dan fasilitas yang diberikan, toleransi beragama sangat dinikmati warga yang berdomisili di kawasan RW 10, Air Jamban.

Diceritakan T Harita, dalam keseharian masyarakat yang mencerminkan toleransi umat beragama di kawasan RW 10, bisa di lihat saat warga beragama lain mendapat musibah meninggal dunia.

"Kalau warga beragama kristen yang dapat musibah, warga beragama muslim datang menjenguk. Begitu sebaliknya, saat warga muslim dapat musibah, warga beragama kristen datang berkunjung memberi semangat kepada warga muslim."

Tidak cuma, paling menonjol toleransi umat beragama paling saat terjadi musibah. Dalam kegiatan pesta perkawinan anak meski beda kepercayaan saling mengunjungi dam penuhi undangan pesta perkawinan.

"Tolong menolong sesama warga beda agama di kawasan RW 10 dengan penduduk telah mencapai kurang lebih 678 kepala keluarga sangat kental, pantas dan wajar RW 10 yang dipimpin mantan wartawan ini dapat predikat terbaik oleh Lurah Air Jamban dan Camat Mandau."

Toleransi beragama masyarakat RW 10 Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau mudah mudahan bisa dicontoh masyarakat RW lain di Duri, secara umum di Kabupaten Bengkalis, semoga.

Editor : Sahdan

Berita Terkait