Mentan Syahrul Bilang Dana Desa Bisa Digunakan Mambangun Pertanian

  • Reporter:
  • 17 November 2019, 14:54:13 WIB
  • Nusantara

Jakarta, katakabar.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo pada rapat koordinasi dengan para Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Provinsi se Indonesia belum lama ini mengatakan, soal dana desa, pemerintah daerah dalam merealisasikanya mestinya tidak cuma untuk memajukan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia semata tapi harus turut ambil bagian dalam pembangunan pertanian.

"Dana desa digunakan mestinya tidak melulu memajukan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia. Tapi, mesti ambil bagian dalam pembangunan pertanian", ujarnya di lansir dari Situs Resmi Kementan RI.

Jika dana desa diambil bagian dalam membangun pertanian, sinergitas membangun pertanian antar sektor benar-benar bisa diwujudkan. Membangun pertanian, urusan bersama semua perangkat pemerintah dan pemangku kepentingan, tegasnya.

Untuk mewadahi hal itu, Kementan segera memberlakukan sistem Komando Strategi Pertanian (Kostra Tani) yang menurunkan kendali pertanian dari pusat hingga level Kecamatan dan Desa.

Kecamatan khususnya Balai Penyuluhan Pertanian bakal menjadi pusat-pusat kegiatan pertanian di daerah, tandasnya.

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait