MTQ ke 46 2021 Mandau Resmi Dibuka, Ini Petuah Kasmarni Cegah Covid 19

Mandau, katakabar.com - Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni didampingi Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, Bagus Santoso resmi buka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 tingkat Kecamatan Mandau tahun 2021, di Aula Kantor Camat Mandau, pada Senin (18/10) malam.

Selain kedua nakhoda "Negeri Junjungan" nama lain dari Kabupaten Bengkalis, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Khairul Umam, Wakil Ketua DPRD, Syaiful Ardi, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Siti Aisyah.

"Dengan ucapkan Bismillahirrahmanirrahim, MTQ ke 46 tahun 2021 tingkat Kecamatan Mandau, secara resmi kami nyatakan dibuka. Allah mudah-mudahan menjadikan kita hamba-hamba-NYA yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an," kata Bupati Bengkalis.

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan penekanan sirine dilanjutkan peletakan bendera LPTQ oleh Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.

Selaras dengan kondisi saat ini, MTQ ke 46 di kecamatan yang berpenduduk 229.989 jiwa ini usung tema “Melalui MTQ ke 46 Tingkat Kecamatan Mandau Tahun 2021, Bersama Kita Mencegah Pandemi Covid 19 dengan Mengamalkan Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Al-Qur’an, Guna Mewujudkan Kecamatan Mandau yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera".

Sebagai pembuka, Qori Nasional asal Bengkalis, Azwan Yusuf tampil melantunkan ayat suci Al-Qur'an, Azwan adalah peraih terbaik pertama cabang tilawah golongan dewasa tingkat provinsi Riau.

"Saya bahagia, sebab dapat berkumpul satu majelis, bersama para kafilah MTQ se Kecamatan Mandau. Selain mengharapkan berkah dari Allah SWT, momentum ini hendaknya dapat kian meneguhkan rasa iman dan taqwa, serta makin menguatkan ukhuwah dan rasa cinta kita pada Al Qur’an," ujarnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Toharudin, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bengkalis, Andris Wasono dan Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkalis, turut di sana.

Seluruh Peserta Sudah Divaksin

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 tingkat Kecamatan Mandau, resmi dibuka Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Pelaksanaan MTQ yang dijadwalkan hingga 27 Oktober 2021 nanti dipusatkan di gedung Bathin Betuah, kompleks kantor Camat Mandau Jalan Jenderal Sudirman, Duri.

Sesuai laporan panitia pelaksana, pelaksanaan MTQ dipusatkan di gedung Bathin Betuah dan Masjid Besar Arafah Duri, diikuti sebanyak 200 orang peserta dari 11 kafilah berasal dari desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Mandau.

Camat Mandau, Riki Rihardi mengatakan, seluruh peserta MTQ ke 46 sudah mendapat vaksinasi Covid 19.

“Seluruh peserta MTQ ini sudah divaksin Covid 19. Bagi yang belum memperoleh vaksin Covid 19, tidak boleh mengikuti MTQ ke 46 ini,” tegas Camat Riki.

Total 200 peserta bakal berjuang menampilkan dan menjadi yang terbaik pada MTQ ke 46 tahun 2021 yang dihelat selama 9 hari ke depan, terhitung 18 hingga 27 Oktober 2021 nanti.

Peserta tersebut perwakilan 11 Kafilah dari desa dan kelurahan se Kecamatan Mandau. MTQ dilaksanakan di 2 lokasi, yakni di Gedung Bathin Betuah dan Masjid Besar Arafah.

Piala bergilir yang tahun sebelumnya dipegang Kelurahan Air Jamban, kini kembali diperebutkan.

Cabang yang dimusabaqahkan, meliputi tilawah belia, tilawah remaja, tilawah dewasa, tahfis 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, fahmil, syarhil, dan barzanji marhaban.

Berbeda dari tahun sebelumnya, bukti vaksin menjadi salah satu syarat bagi peserta untuk mengikuti MTQ tingkat kecamatan Mandau ini.

Hal itu, selaras dengan tema MTQ ke 46 tahun 2021, "Melalui MTQ ke 46 Tingkat Kecamatan Mandau Tahun 2021, Bersama Kita Mencegah Pandemi Covid-19 dengan Mengamalkan Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Al-Qur’an, Guna Mewujudkan Kecamatan Mandau yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera".

Editor : Sahdan

Berita Terkait