Pasien Sembuh Corona Ternyata Bisa Tertular Lagi

Katakabar.com - Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck), Ori Kurniawan, menjadi kasus pertama di Indonesia yang kembali terinfeksi virus Corona (COVID-19) setelah dinyatakan sembuh. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih memperingatkan pasien sembuh Corona masih bisa tertular lagi.

"Di beberapa kasus seperti ini juga terjadi sehingga perlu tetap hati-hati bagi yang sembuh bisa terinfeksi kembali," kata Daeng, Rabu (6/5/2020).

Daeng menjelaskan, pasien yang kembali positif Corona kemungkinan tubuhnya tidak terbentuk antibodi yang spesifik. Hal itu membuat adanya peluang untuk tertular Corona kembali.

"Kemungkinan di tubuh tidak terbentuk antibodi yang spesifik sehingga kalau kontak lagi dengan sumber infeksi ia akan tertular atau sakit lagi," ungkap Daeng dilansir Detik.com.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut Mayor Kes Whiko Irwan menduga ada kemungkinan ajudan Wagubsu tersebut terinfeksi virus Corona varian yang berbeda dengan virus sebelumnya. Daeng mengatakan hal tersebut masih perlu dikaji.

Dia turut mengungkap, kasus pasien sembuh Corona lalu positif kembali bukan yang pertama di dunia.

"Mungkin (pertama di Indonesia), tapi di dunia bukan yang pertama," ujar Daeng.

Daeng meminta pasien sembuh Corona agar tetap tinggal di rumah setelah dinyatakan sembuh dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tetap stay di rumah, pakai masker, rajin cuci tangan. Patuhi social distancing dan PSBB," kata Daeng.

Sebelumnya, Ori dinyatakan sembuh dari virus Corona usai dirawat di RS Adam Malik Medan pada Senin (6/4). Dia kembali dinyatakan positif Corona pada Senin (4/5) dan sudah dirawat di RS Martha Friska Medan.

Editor : Anggi

Berita Terkait