Penerimaan Security PT PDC Lewat PT PTC Dinilai 'Tidak Adil'

Duri, katakabar.com - Penerimaan atau rekrutmen sekurity di PT Patra Drilling Contractor (PDC) yang berada di kilometer 7 Jalan Lintas Duri- Dumai Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, lewat PT Pertamina Training & Consulting (PTC) diduga tidak profesional, lantaran dinilai tidak adil atau fair.

Mekanisme dan prosesnya yang singkat antara tes dan keputusan terkesan terburu-buru. Ini menimbulkan pertanyaan oleh anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis, Sanusi kepada pihak perusahaan yang melakukan rekrutmen dan tes sekurity.

Menyangkut hal tersebut, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini telah komunikasi dengan pihak PT PDC, selaku user. Masalahnya, penerimaan dan tes diserahkan dan dilakukan PT PTC.

"Kita sudah hubungi pihak PT PTC, gimana sistim penerimaan dan tes yang dilakukan diduga terkesan tergesa-gesa, dan siapa yang masuk dan diterima sepertinya sudah ada. Itu disebabkan, jarak tes dan pengumuman hasil tes yang terkesan ganjil kemudian tak terbuka dan tak fair."

Kita mau ada jarak waktu antara penerimaan dan pengumuman, serta ada jeda waktu seperti yang dilakukan sejumlah perusahaan lain. Ini tidak, ada apa ini? Cukup mengherankan, meski pihak PT PTC selaku panitia sudah menjelaskan, tapi mereka saling lempar," cerita Sanusi saat dikonfirmasi lewat WhatsApp, pada Selasa (13/4) pagi.

Anggota Komisi I DPRD Bengkalis ini Sanusi SH MH menduga, mengenai rekrutmen sekurity ada yang aneh. Ini bakal terus dilakukan penelusuran, kenapa sampai terjadi hal yang tak fair dalam penerimaan sekurity diduga ada permainan?

"Kita minta Disnakertrans Kabupaten Bengkalis agar menghentikan rekrutmen ini lebih dulu. Itu tadi, jarak waktu antara penerimaan dan tes serta pengumuman sangat berdekatan. Ada apa ini? Dan apakah sudah terpenuhi jumlah tenaga kerja lokal yang diharapkan? Jangan main-main," tegasnya.

Berdasarkan rekaman percakapan antara anggota DPRD Bengkalis, Sanusi dengan salah seorang panitia pelaksana penerimaan sekurity yang bakal dipekerjakan di perusahaan PT PDC.

Panitia penerimaan sekurity PT PTC mengakui, kalau pengumuman hasil penerimaan berasal dan langsung dari pusat secara online.

Editor : Sahdan

Berita Terkait