Perkuat MPA Antisipasi Karhutla Inhil

Pekanbaru, katakabar.com – Masyarakat Peduli Api (MPA) menjadi bagian terdepan dalam melawan  dan mencegah kebakaran hutan dan lahan. Satuan Tugas Karhutla Riau bahkan menjadikan MPA sebagai bagian terkuat mereka.

Sebagai bentuk dukungan akan hal tersebut, Sambu Group menyalurkan bantuan berupa perlengkapan bagi MPA. Penyerahan bantuan dilakukan oleh A Ginting, Humas Sambu Group dan diterima oleh Bupati Inhil, HM Wardan di kantor Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), di Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau, pada Jumat, 3 Juli 2020.

HM Wardan berharap antisipasi Karlahut dapat dilakukan sedini mungkin, salah satunya adalah dengan mendukung peran MPA untuk bersama menyukseskan program Kabupaten Inhill Zero Hotspot.

“Kami sangat menghargai keikutsertaan Sambu Group dalam program antisipasi cegah Karlahut ini. Dan berharap semakin banyak perusahan lain yang terlibat dalam kegiatan ini. Keikutsertaan perusahaan dan segenap lapisan masyarakat dalam kegiatan pencegahan Karlahut merupakan bentuk kepedulian nyata dan patut diapresiasi, “ papar HM Wardan.

Dia mengatakan MPA adalah wujud nyata peran masyarakat untuk ikut memadamkan Karlahut di wilayah terdekat sekitarnya. Sehingga jika terjadi titik api bisa segera tertangani, Karlahut tidakakan meluas dan langsung tak tertangani. Pada awalnya MPA dibentuk ditingkat desa dengan Surat Keputusan Kepala Desa, namun karena peran dan fungsinya begitu besar maka Bupati Inhil menyempurnakan struktur organisasinya melalui Surat Keputusan Bupati.

Sebagai wujud nyata kepedulian lingkungan dan masyarakat sekitar, Sambu Group mendukung upaya pemerintah dalam mengantisipasi dan menanggulangi Karlahut di Indragiri Hilir melalui organisasi MPA, dengan memberikan bantuan perlengkapan pemadaman api.

Satu set atribut untuk 1 orang MPA perlengkapan pemadaman api berupa rompi, topi dan sepatu boots. Perlengkapan tersebut diharapkan bisa membantu melindungi team MPA saat sedang memadamkan api.

Pengadaan perlengkapan MPA tersebut dilakukan Sambu Group melalui PT Pulau Sambu di Guntung, PT Pulau Sambu di Kuala Enok, PT Riau Sakti United Plantations di Pulau Burung, dan didukung oleh PT Guntung hasrat Makmur, dan PT Riau Sakti Transmandiri.

“Sambu Group berkomitmen untuk berkontribusi dalam setiap langkah yang diperlukan untuk antisipasi Karlahut di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Karena jika terjadi Karlahut, maka akan berdampak bukan saja lingkungan dan kesehatan (akibat polusi udara), namun juga mengganggu ekonomi, sosial, dan kegiatan sehari-hari masyarakat,” tutur A Ginting.

Pencegahan atas kebakaran lahan dan hutan merupakan tanggung jawab bersama. Pemerintah, masyarakat, pihak swasta, dan seluruh komponen yang ada sebaiknya bahu membahu dalam pencegahan  Karlahut. Mari kita jaga bersama kelestarian lingkungan dan mendukung setiap upaya pencegahan Karlahut di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau

Editor : Anggi

Berita Terkait