Petugas Gabungan Uji Kelayakan Bus dan Tes Urine Sopir

Binjai|Katakabar.com 

Dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Personil gabungan dari Satlantas Polres Binjai, TNI dan BNNK serta Dinas Perhubungan (Dishub), melakukan penertipan bagi para sopir (pengemudi) dan kondektur. 

Penertipan dilakukan di terminal ikan Binjai Jalan Ikan Paus, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, Kamis (21/4/2022). 

Kasalantas AKP Djoko Lelono didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Binjai Cairin Simanjuntak mengatakan, kegiatan penertipan dilakukan meliputi pemeriksaan uji kelayakan kendaraan dan pemeriksaan urine (tes urine), baik kepada pengemudi maupun kondektur. 

"Pemeriksaan kendaraan meliputi dari bus antar kota dan luar kota. Baik itu kelayakan kendaraan yang dikemudikan dan surat menyurat serta perlengkapan kendaraan bus antar kota dan antar provinsi," kata Joko. 

Diakui dia, pemeriksaan dilakukan guna mengantisipasi atau meberikan rasa aman kepada penumpang. Juga guna mengantisipasi atau meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam menyambut arus mudik dan balik nantinya. 

"Kegiatan ini sudah dua hari ini kita lakukan. Dan kegiatan ini akan dilakukan secara berkesinambungan hingga nanti hari H perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah," terang dia. 

Bagi pengemudi dan kondektur yang terindentifikasi pengguna narkoba, papar dia, pihaknya akan menyerahkan yang bersangkutan kepada BNN untuk diproses lebih lanjut. Selain itu, para sopir dan kondektur tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan. 

Demikian juga dengan kendaraan yang tidak layak jalan. Akan dihentikan dan tidak boleh dioperasikan hingga kendaraan tersebut layak jalan. "Dari hasil tes yang dilakukan sementara kepada 20 sopir dan kondektur. Tidak ditemukan pengguna barang terlarang," terang dia. 

Demikian juga dengan kendaraan yang diperiksa, tegas dia, semua dinilai layak jalan baik dari surat menyurat dan perlengkapan didalam kendaraan atar kota dan provinsi. "Kami berharap kerjasama yang baik dari semua pihak. Baik sopir, kondektur dan pemilik bus, sehingga mudik bisa lebih aman dan nyaman," tegas dia.

Editor : Dedi

Berita Terkait