Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama dan 2 Kapolres, Ini Pesan Kapolda Riau

Pekanbaru, katakabar.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal pimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) pergantian sejumlah pejabat kepolisian setingkat Perwira Menengah (Pamen) di jajarannya, di Aula Tribrata, lantai 5, Gedung Markas Polda Riau di Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru. pada Jumat (7/1/2022) pagi.

Upacara Sertijab dilaksanakan setelah sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram mutasi pada Desember 2021 lalu, termasuk untuk anggota polisi di jajaran Polda Riau.

Ada 4 pejabat utama (PJU) dan 2 Kapolres yang berganti. Untuk para pejabat PJU berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) sebelumnya, mereka mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan.

PJU yang Sertijab tersebut, yakni Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Victor Siagian. Jabatannya digantikan Kombes Pol Yos Guntur sebelumnya menjabat Kapolresta Barelang Polda Kepri.

Terus, Komandan Satuan Brimobda Riau, Kombes Pol Dedi Suryadi digantikan Kombes Ronny Lumban Gaol yang sebelumnya menjabat analis kebijakan madya bidang Brigade Mobil Mabes Polri, Karorena Polda Riau, Kombes Pol Ano Munarto digantikan Kombes Pol Novi Irawan.

Berikutnya, Kabid Propram Polda Riau, Kombes Pol Gatot Sujono digantikan Kombes Pol Johanes Setiawan Widjanarko.

Sedang, 2 Kapolres yang berganti, yakni Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan dapat promosi menjabat di tempat tugas baru sebagai Wadirlantas Polda DI Yogyakarta digantikan AKBP Indra Wijatmiko sebelumnya menjabat Kapolres Pelalawan.

Untuk jabatan Kapolres Pelalawan yang ditinggalkan AKBP Indra Wijatmiko, kini diamanahkan kepada AKBP Guntur Muhammad Tariq sebelumnya Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal sampaikan selamat bagi para pejabat baru.

"Rekan-rekan memulai suatu pengabdian di medan yang baru. Pengabdian itu di atas pelaksanaan tugas, di atas tanggung jawab. Bapak Presiden sudah menuliskan di AKPOL, profesi kepolisian bukan sekedar profesi tapi pengabdian," ujarnya.

"Selamat mengabdi, berikan dedikasi dan totalitas. Kita akan tunggu bersama-sama, selamat datang di tim yang besar. Baik internal Polda Riau, maupun eksternal, beserta seluruh stake holder Dan masyarakat. Jaga marwah institusi kepolisian. Selamat bergabung," serunya.

Sementara kepada para pejabat lama, Irjen Iqbal sampaikan rasa terimakasih atas pengabdian dan dedikasi selama beberapa waktu bergabung di Polda Riau.

"Banyak tinta emas ditorehkan, pengorbanan, keringat, mungkin ada tetes air mata, mungkin ada darah dan kalian berikan untuk nama besar, harumnya citra Kepolisian Negara Republik Indonesia," ulasnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, berdoa semoga para pejabat lama, terus jaya, sehat, dan bahagia di bawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Kepada para mantan PJU Polda Riau itu selamat menyampaikan pendidikan.

"Untuk Kapolres Bengkalis dan Kapolres Pelalawan, terimakasih banyak. Untuk pejabat lama terimakasih atas pengabdiannya," jelasnya.

Secara umum, kepada seluruh pejabat lama dan pejabat baru Irjen Iqbal berpesan, agar menikmati proses tour of duty. Esensi proses mutasi, sejatinya adalah pembelajaran.

"Belajar bagaimana menjadi polisi yang semakin hari semakin baik. Baik dalam konteks organisasi, manajemen, leadership, dan juga baik dalam konteks keagamaan, serta hubungan antar manusia," kata Irjen Iqbal.

Dirinya yakin, semuanya berkembang menjadi lebih baik di kemudian hari. Menjadi pelapis bagi anggota polisi senior. Seperti dirinya, dan senior lainnya.

"Memang bintang, tapi karena kami lahir duluan, masuk AKPOL. Kami sama semua. (Pernah) Kapolres, Pejabat Utama silih berganti. Tergantung bagaimana kita menikmati proses kehidupan, terutama proses tour of duty kepolisian. Saya doakan semuanya bisa berdiri sebagai Kapolda. Kapolda yang membanggakan, dicintai masyarakat dan anggota," bebernya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menimpali, mutasi jabatan di tubuh Polri suatu hal yang wajar dan lumrah terjadi.

"Mutasi itu hal biasa untuk kepentingan organisasi dan juga karir personel. Dan pada hari ini, Bapak Kapolda sudah memimpin Sertijab antara pejabat kepolisian yang lama dengan yang baru," ujar Kombes Sunarto.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi dan Menengah Polri, pada pertengah Desember 2021 lalu. Sebagian ada yang mendapat promosi, tour area dan diberi kesempatan melanjutkan pendidikan untuk jenjang karir.

Editor : Sahdan

Berita Terkait