"Pokjanal" Cegah dan Kendalikan DBD

  • Reporter:
  • 06 Januari 2020, 22:34:19 WIB
  • Kesehatan

Bengkalis, katakabar.com – Di Kecamatan Bengkalis, nun jauh di Pulau Seberang ada wadah baru untuk mencegah dan mengendalikan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Namanya, Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) DBD. Kelompok ini dibentuk awal Bulan Januari 2020, seluruh unsur Kecamatan, Kelurahan dan Desa serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis turut hadir. Sepakat ditunjukan Sekretaris Kecamatan Bengkalis sebagai Ketua Pokjanal.

Jajaran pengurus, Koorwilcam Pendidikan Kecamatan Bengkalis serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se Kecamatan Bengkalis.

"Program kesehatan, utamanya pencegahan dan pengendalian penyakit, ini tanggungjawab bersama, tidak cuma Puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes), ujar Camat Bengkalis, Ade Suwirman dalam sambutannya.

Kata Ade, kehadiran Pokjanal DBD Kecamatan dapat melaksanakan fungsi monitoring, pengawasan, supervisi dan pembinaan terhadap Pokjanal DBD Desa dan Kelurahan.

"Harapannya, dalam waktu dekat seluruh Desa dan Kelurahan terbentuk Pokjanal DBD dan beritahu lewat tembuskan kepada Kecamatan, SK dari Lurah dan Kades," pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis, Ersan Saputra TH diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar memaparkan, dasar hukum pembentukan pokjanal DBD, fungsi dan tugas serta kedudukannya dalam Pemerintahan Desa dan Kelurahan.

Organisasi Pokjanal bertanggungjawab kepada Ketua Pembina LMD. Ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/1864/Bangda, pada 30 April 2019, wajib dibentuk dalam tiap jenjang administrasi pemerintahan.

Pokjanal DBD Kecamatan bakal melakukan pembinaan operasional yang bersifat teknis fasilitatif kepada Pokjanal DBD Desa dan Kelurahan.

Program kerja Pokjanal DBD Desa dan Kelurahan bersifat lebih teknis operasional, lantaran di sana nanti ada Penyuluhan, Penggerakan Peran Serta Masyarakat, dan Pemantauan Jentik Berkala (PJB).

"Kegiatan Pokjanal  bakal di evaluasi per Tiga Bulan di Desa dan Kelurahan lewat Rapat," ujarnya.

Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada UPT Puskesmas Pematang Duku Kecamatan Bengkalis atas prestasi zero DBD selama Tiga Tahun berturut-turut. Atas keberhasilan itu, memperoleh Penghargaan dari Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 di Bulan Nopember 2019 lalu, imbuhnya.

Seluruh Lurah dan Kepala Desa komit membentuk Pokjanal DBD di penghujung Januari 2020 nanti. 

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait