Polisi Ringkus 8 Pembakar Mobnas Lapas Kelas II Pekanbaru

Pekanbaru, katakabar.com - Kepolisian Daerah Provinsi Riau lewat Subdit III Ditreskrimum Polda Riau bersama tim Sat Reskrim Polresta Pekanbaru cuma butuh empat ringkus delapan orang pelaku pembakaran mobil dinas Kepala Pelaksana Keamanan Lapas (KPLP), Lapas Kelas II Pekanbaru.

Penangkapan 8 orang pelaku pembakaran itu, dilakukan Subdit III Ditreskrimum Polda Riau bersama Tim Polresta Pekanbaru dan Kemenkumham Riau di beberapa TKP di Kota Pekanbaru.

Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, penangkapan itu dilakukan pada Senin (24/1), 4 hari setelah peristiwa pembakaran pada Kamis (20/1) lalu.

“Dari kejadian Kamis, saya beri waktu 1 minggu kepada Direktur Krimum, Kombes Teddy untuk ungkap kasus ini. Pada Kamis saya perintahkan, Senin sudah ditangkap 8 tersangka,” kata Irjen Pol M Iqbal, saat gelar konferensi pers pada Selasa (25/1) siang.

Mantan Kapolda NTB ini menjabarkan, 8 pelaku itu berinisial BH yang mencari eksekutor. Pria berinisial RI dan YR yang menunjuk lokasi, RS otak pelaku narapidana narkoba di Lapas Gobah, FS sebagai perantara antara RS dan FF yang menghubungkan RS dan BH.

Terus pria berinisial TT selaku eksekutor, dan DG sebagai joki atau yang mengumpulkan para pelaku.

“Mereka kita sangkakan dengan Pasal 187 KUHP, ancaman hukuman 12 tahun penjara, melakukan pembakaran dengan sengaja yang dapat membahayakan masyarakat umum,” beber M Iqbal.

Diketahui, insiden pembakaran mobil dinas KPLP Lapas Kelas II Pekanbaru, Efendi Parlindungan Purba ini terjadi pada hari Kamis (20/1) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Awalnya Efendi dibangunkan ketua RT setempat.

Ketua RT kali pertama memberitahu kepada Efendi kalau mobil dinas Jenis Isuzu Panther warna Hitam dengan Nomor Polisi BM 1442 TP, yang terparkir di depan rumah Efendi terbakar.

Selanjutnya, Efendi terbangun dan mengambil selang air untuk memadamkan api. Setelah api padam warga menemukan botol aqua yang berisi sisa BBM jenis pertalite.

Editor : Sahdan

Berita Terkait