Resmikan Diklat BST KLM dan SKK 60 Mil di Bagan Melibur, Ini Asa Bupati Meranti

Kepulauan Meranti, katakabar.com - Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil hadiri sekaligus resmikan acara Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kerja Sama dengan KSOP Kelas IB Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti Riau Program Diklat (BST) KLM dan SKK 60 MIL Angkatan ke IX di Desa Bagan Melibur Kecamatan Merbau, di Lapangan Futsal, pada Minggu (27/3).

Ketua (STIP) Jakarta, Jaya Alamsyah SS IT MM Tr mengatakan, ini momentum yang sangat berharga khususnya kepada peserta, dan suatu pelajaran kompetensi. Ketua besar berharap acara berjalan dengan baik, dan  berdiskusi apa yang diterima menjadi bekal untuk kita bekerja. Selain itu, ketua besar menyampaikan pesan jika ada kekurangan di acara diklat ini kami memohon maaf sebesar-besarnya, ujarnya.

"Saya sambut baik dan apresiasi yang setinggi-tingginya digelarnya kegiatan ini. Kita ketahui bersama Kabupaten Kepulauan Meranti satu-satunya daerah di Provinsi Riau dengan karakteristik kepulauan yang secara geografis berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Negara Malaysia, menjadikanya sebagai salah satu daerah terdepan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Bupati Kepulauan Meranti.

Dijelaskannya, pada tahun 2020 merupakan tahun pertama dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, sehingga APBN 2022 memiliki peran strategis untuk secara bertahap mencapai sasaran sasaran pembangunan nasional guna mewujudkan visi Indonesia Maju pada tahun 2045.

Untuk mewujudkan Visi Indonesia 2045 tersebut, pemerintah telah menetapkan 5  program prioritas Pembangunan NasIonal di dalam APBN, salah satunya Pembangunan Sumber Daya Manusia, program ini berkaitan dengan Visi Misi Bupati Kepulauan Meranti, yakni menjadikan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat, bebernya.

Sebagai upaya menciptakan SDM yang
berkualitas di bidang transportasi laut sambungnya, Diklat BST KLM ini salah satu upaya yang sangat tepat dan penting, serta sangat dibutuhkan masyarakat maritim di Kabupaten Kepulauan Meranti. Apalagi telah berdampak Kepada menurunnya tingkat pengangguran.

"Dengan pelaksanaan Diklat BST KLM ini telah membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini telah diberdayakan untuk dapat bekerja di kapal-kapal layar motor maupun kapal-kapal niaga," ulasnya

Kepada seluruh peserta saya imbau agar dapat mengikuti Diklat ini dengan serius dan sungguh-sungguh agar setiap peserta nantinya memiliki kompetensi dan sertifikat sebagai bukti pengakuan keahlian yang dapat digunakan untuk bekerja di kapal-kapal, harapnya.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada (STIP) Jakarta telah membuat acara ini sehingga masyarakat saya bisa mendapatkan basic skill dan bisa diterima bekerja sesuai dengan tujuan dari diklat itu sendiri, hal tersebut akan meningkatkan SDM yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti," tambahnya.

Diinformasikan kepada peserta diklat, saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti lagi berusaha keras, menjadikan meranti cerdas sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

"Menciptakan 50 Orang Putra-putri terbaik setiap desa dan kelurahan dengan jumlah 4300 Serjana (SI), 500 magister (S2) dan 200 Doktor (S3) dengan program Beasiswanya," sebutnya.

Ketua (STIP) Jakarta, Jaya Alamsyah, PLT Perhubungan, Piksot Ginting, Kapolsek Kecamatan Merbau, Iptu Aguslan, Camat Merbau, Indat Spd, Koramil, Kapt Junaidi, KSOP Jontanamal, PLT Kadis PUPR, Mardiansyah, PLT Kabag Kesra Ijal, PLT Kadis Sosial Kadafi, Kadis Kesehatan, M Fahri, Kasat Pol-PP di Wakili, Kesbangpol, Suardi.

Editor : Sahdan

Berita Terkait