Sah, Bupati Meranti Sandang Gelar Magister Manajemen

Pekanbaru, katakabar.com - Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil tampak lega setelah menyelesaikan ujian tesis Pascasarjana Magister Manajemen di Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, pada Kamis (17/2).

Orang Nomor Satu di 'Negeri Sagu' nama lain dari Kapulauan Meranti ini berhak sandang gelar Master Manajemen setelah mengenyam pendidikan lebih empat tahun lamanya.

"Alhamdulillah, saya telah selesai mengikuti ujian tesis dan sudah dinyatakan lulus oleh penguji," ujarnya.

Sesuai dengan tugas beliau saat ini sebagai bupati, tesis yang diambil berjudul Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Perencana pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Judul ini berangkat dari kerangka pikiran kondisi pengembangan kompetensi ASN di Meranti," jelas HM Adil.

Proses perkuliahan dirinya di kampus tersebut tidak berjalan mulus. Beberapa kali terkendala disebabkan mengikuti kontestasi politik, baik di pemilihan legislatif Provinsi Riau maupun pemilihan kepala daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Memang sempat terkendala, tapi di tengah kesibukan itu semua saya komit untuk menyelesaikannya," ulasnya.

Terima kasih kepada jajaran penguji dan dosen Prodi Magister Manajemen Universitas Lancang Kuning sudah mentransfer ilmu kepada dirinya. Harapan saya, ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat baginya dalam mengemban tugas sebagai kepala daerah.

"Terima kasih kepada semua pihak, khusus warga Kepulauan Meranti dan keluarga saya. Insya Allah, ini menjadi bekal bagi saya dalam memimpin. Saya berharap menjadi penyemangat bagi ASN dan anak-anak Meranti untuk melanjutkan pendidikan setinggi mungkin," harap kader PKB Riau ini.

Direktur Pascasarjana Unilak, Prof. Dr. Syafrani, M.Si memberikan apresiasi kepada Bupati Kepulauan Meranti, lantaran sudah menyelesaikan program pascasarjananya.

"Baru-baru ini Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau baru menyelesaikan ujian tesisnya. Hal ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Lancang Kuning," kata Prof. Syafrani.

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr. Junaidi, SS, M.Hum turut menguji  H Muhammad Adil mengatakan, ujian tesis Bupati Meranti itu mendapat nilai A. Dia berharap momen ini bisa dijadikan contoh dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Meranti.

"Kalau melihat program strategis bupati, sangat memberi perhatian kepada SDM di Meranti. Ini contohnya, Pak Bupati telah menyelesaikan pendidikan S2 nya. Kita doakan ke depan bisa melanjutkan program Doktor," pesannya.

Menurut Dr. Junaidi, seorang pemimpin itu adalah model atau contoh bagi yang dipimpinnya. Jika pemimpinnya sudah S2 apalagi S3, bakal menjadi penyemangat bagi ASN dan warga di Kepulauan Meranti.

"Saya berharap apa yang bapak teliti ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Meranti dan masyarakat luas. Tujuan dari tesis ini sangat mulia, sebab berkaitan dengan peran ASN dalam merancang pembangunan di daerah," bebernya.

Selain Dr. Junaidi, tesis Muhammad Adil diuji oleh Kepala Prodi Magister Manajemen Muhammad Rasyid Abdillah, SE, MM, Ph.D., Kepala Pusat Kerjasama Internasional Unilak Dr. Adolf Bastian, S. Pd., M. Pd., dan Wakil Direktur II Pascasarjana Unilak Dr. Adi Rahmat, SE, M.

Editor : Sahdan

Berita Terkait