Sekdaprov Pimpin Rapat Exit Meeting

Tentang Pemeriksaaan Kinerja Pendidikan Vokasi

Pekanbaru, katakabar.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, SF Hariyanto pimpin rapat exit meeting pemeriksanaan kinerja penyelenggaraan pendidikan vokasi bersama dengan BPK RI perwakilan Provinsi Riau, di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur, Senin (15/11).

Ketua tim auditor BPK RI Perwakilan Riau, Irawati Indra Iswari mengatakan, tujuan dari pemeriksanaan kinerja pendidikan vokasi ini, untuk menilai efektivitas dari upaya Pemprov Riau dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi berbasis kerja sama Industri Dunia Usaha Kerja (IDUKA). Ini dalam rangka peningkatan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

"Pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai efektivitas upaya Pemprov Riau dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi berbasis kerjasama IDUKA," ujarnya, seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Riau.

Sejumlah lingkup dalam pemeriksaan kinerja pendidikan vokasi, yakni peningkatan peran dan kerjasama IDUKA dalam pendidikan vokasi, reformasi penyelenggaraan pendidikan vokasi.

"Lingkup pemeriksaan yang lain ada, seperti peningkatan kualitas pendidik vokasi, penguatan tata kelola pendidikan vokasi dan penguatan sistem sertifikasi kompetensi," ulasnya.

Selain itu, alasan dari pemeriksaan kinerja pendidikan vokasi ini untuk meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, memiliki kebijakan transformasi technical and vocational education and training. 

"Untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja, untuk meminimalisir tingkat pengangguran lulusan pendidikan menengah yang masih mendominasi, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja Indonesia yang masih relatif rendah," jelasnya.

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto menimpali, masih ada beberapa hal yang belum optimal dalam pemeriksaan penyelenggaraan pendidikan vokasi ini. Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menanggapi laporan tersebut agar mendapatkan hasil yang diharapkan bersama.

"Saya minta kepada Ketua Inspektur untuk menanggapi laporan pemeriksaan ini agar hasilnya nanti masuk kedalam laporan," serunya.

Kepada OPD terkait lanjut Sekdaprov Riau ini, untuk melengkapi data - data yang dibutuhkan dan melaksanakannya sesuai dengan peraturan yang ada.

"Sebelum ditanggapi, data - data yang diperlukan harus dilengkapi sesuai dengan peraturan yang ada agar memudahkan penyelenggarakan kerjasama IDUKA kedepannya," tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait