Vaksin Belum Ada, Kadiskes Siak: Sementara Obat Corona Pakai Masker

Siak, katakabar.com - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Siak, dr Tony Chandra mengatakan hingga saat ini vaksin untuk membasmi virus Corona atau Covid-19 belum ditemukan. 

"Belum. Sampai sekarang belum ditemukan vaksin-nya. Satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran virus ini dengan memakai masker dan menjaga jarak. Anggap saja sementara ini, pakai masker obat Corona," kata Tony kepada katakabar.com, Rabu (29/7).

Menurut Tony memakai masker menjadi cara efektif dalam mencegah penularan virus Corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara. 

"Iya, penyebarannya lewat transmisi udara lalu muncul ke saluran pernafasan setelah itu ke saluran tenggorokan. Maka itu dengan memakai masker bisa mengantisipasi dan mencegah penularannya," kata dia.

Melihat kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak dari hari ke hari makin meningkat, Tony pun mengingatkan agar masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan dalam beraktivitas. 

"Hari ini kasus positif di Siak sudah 55. Bahkan di Provinsi Riau, kita peringkat dua dari 12 kabupaten/kota atau di bawah Kota Pekanbaru 160 kasus. Tiap hari ada terus penambahan," kata Tony.

Karena itu pula, petugas Dinas Kesehatan Siak tiap hari turun ke lapangan mencari kasus. Sebab, kata Tony, banyak masyarakat tidak mengaku kalau mereka pernah kontak erat dengan pasien positif.

"Petugas kita lah yang melakukan rapid test ke rumah-rumah warga untuk memastikannya," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait