Waspada Banjir, Komnas PA Bengkalis Minta Orang Tua Ekstra Awasi Anak-anak

Duri, katakabar.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Bengkalis meminta kepada para orang tua di Kabupaten Bengkalis, khususnya di wilayah Duri sekitarnya, agar ekstra ketat mengawasi anak-anak yang mandi hujan biar tidak tenggelam kedalam parit saat musim hujan dengan intensitas tinggi.

"Hujan deras disertai petir sangat kuat pada Ahad (15/5) sekitar pukul 06.00 WIB pagi, mudah-mudahan tidak ada banjir," ujar Ketua Komnas PA Kabupaten Bengkalis, Redri Amran Daud kepada katakabar.com.

Kata Refri, kenapa para orang tua mesti ekstra ketat mengawasi anak-anak saat hujan deras, sebab anak-anak sanagt senang mandi hujan dan khawatir saat bermain si tengah hujan deras anak-anak masuk kedalam parit.

"Sudah ada beberapa kejadian anak jadi korban tenggelam hingga meninggal dunia disebabkan masuk kedalam parit. Ini mesti diwaspadai agar anak-anak tidak jadi korban berikutnya," tegas Refri.

Menuju Kabupaten Layak Anak

Mengatasi banjir salah satu program jangka pendek untuk menjadikan Kabupaten Bengkalis Layak Anak.

Di sini penting peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis untuk mengatasi banjir di Duri sekitarnya.

"Menuju Kabupaten Bengkalis Layak Anak mesti ada solusi jangka pendek. Sesegera mungkin dari klaster perlindungan khusus, sebab ini tidak cuma tugas bagian perlindungan anak semata, tapi semua dinas, elemen masyarakat mesti turut terlibat. Ingat, tak ada yang lepas dari kepentingan pemenuhan hak dan perlindungan anak. Bergerak, bersama, dan serentak," serunya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait