Apiknya Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1 di RT 1 Gajah Sakti

Duri, katakabar.com - Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1 berada di kawasan Jalan Jawa, RT 01, RW 01, Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau.

Ragam tanaman, berupa sayur mayur, semangka, aneka bunga, serta apotik hidup lainnya tumbuh subur di atas lahan berukuran 5 meter x 10 meter. Persisnya di tengah lahan, tampak tangki orange tempat menampung air dikelilingi aneka tanaman, ranting dan dedaunan menari-nari ditiup angin spoi-spoi di bawah teriknya matahari siang, pada Sabtu (6/3) weekend.

"Tangki orange tempat menampung air, untuk memudahkan kaum ibu yang tergabung dalam TP PKK menyiram ragam tanaman di Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1," ujar Ketua RT 01, Pak Regar sapaan akrabnya kepada katakabar.com.

Apotik hidup di Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1 umurnya baru dua bulan. Inisiasi membuat taman bermula adanya program Pemerintah Kabupaten Bengkalis, lewat kegiatan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tingkat kecamatan hingga kelurahan, untuk menciptakan taman warga di tingkat RT.

Sama masyarakat yang berada di kawasan RT se Kecamatan Mandau, masyarakat di kawasan RT 01 RW 01 Kelurahan Gajah Sakti sambut antusias program tersebut.

Lahan yang berada persis di bilangan Jalan Ni'mah tadi gersang kurang produktif, disulap menjadi lahan produktif, dan sebuah taman di atasnya tumbuh ragam apotik hidup oleh kaum ibu di bawah binaan Ketua RT 01. Meski lahan tak begitu luas, tapi melihat apotik hidup yang begitu apik menghipnotis siapa saja yang melihat dan berkunjung ke Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1.

Apalagi, ragam bunga dan apotek hidup tertanam dengan rapi. Saag memasuki pintu taman, terdapat kolam ikan mini yang hidup, bukan sekedar hiasan atau pajangan. Tak cuma itu, tata letak antara tanaman yang satu dengan tanaman yang lain pun tertata dengan benar dan baik menambah pesona bagi siapa saja yang melihatnya.

Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1, bukti kekompakan kaum hawa di RT 01 RW 01. Mereka bersama membangun dan merawat taman itu, hati mereka terpanggil bersama-sama mengurus taman yang dibangun pada jelang lomba PKK tingkat kecamatan.

Setelah taman ini ada, di dalamnya tumbuh subur apotik hidup. Kaum ibu melakukan perawatan secara bergantian dan bergiliran, mulai dari menyiram tanaman hingga merawat ragam tanaman biar tumbuh subur.

"Kaum ibu RT 01 RW 01 sangat telaten, dan kompak merawatan tanaman di Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1. Mereka sepenuh hati merawat berbagai tanaman di dalam taman. Itu sebabnya, taman ini apik dan indah berkat sentuhan lembutnya jari jemari kaum ibu di kawasan Jalan Ni'mah."

Alhamdulillah, Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1 buah dari kebersamaan, bergandeng tangan mewujudkan lingkungan hijau. Tujuan kami selain mengikuti program PKK Kecamatan Mandau, sebagai taman bagi semua warga di sini, cerita tokoh masyarakat Jalan Jawa ini.

Kata Pak Regar, kita mau warga di sini punya tanggung jawab bersama dalam menjaga taman ini. Apalagi, taman ini tercipta dari swadaya masyarakat, dan prosesnya butuh dua bulan lamanya baru berbagai apotik hidup tumbuh subur di dalam taman.

Meski baru dua bulan usia Taman Kelompok Dasa Wisma Mangga 1 lanjut Pak Regar, tanaman sayur mayur, seperti kangkung dan bayam yang tumbuh subur sudah pernah panen.

Hasil panen kangkung dan bayam dijual kepada warga RT 01, uang hasil penjualan disimpan ke dalam kas kaum ibu. Uang yang terkumpul dalam kas bakal dipergunakan untuk kegiatan kaum ibu di RT 01 RW 01.

Editor : Sahdan

Berita Terkait