Kawanan Gajah Rusak Rumah dan Kebun Sawit Warga di Minas

Siak, katakabar.com - Beberapa unit rumah dan tanaman warga di Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (29/2) dirusak gajah sumatera (Elephas maximus Sumatranus).

Tidak ada korban dalam peristiwa itu. Namun, warga berlarian karena melihat hewan bertubuh besar itu melintas di depan rumah mereka.

Camat Minas, Hendra Adi Nugraha menyebutkan, dirinya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait peristiwa itu.

"Info dari warga, sedikitnya 5 ekor gajah turun ke permukiman pagi tadi sekitar pukul 03.00 WIB. Akibatnya rumah dan tanaman sawit warga di rusak," kata Hendra menjawab katakabar.com melalui telepon seluler, Sabtu.

Rumah warga yang rusak, kata Hendra, lantaran tersenggol hewan bertubuh besar itu saat melewati kawasan permukiman. Sementara hasil pertanian milik warga sebagian dimakan dan dirusak.

"Memang, setiap tahun ada kawanan gajah melewati kampung itu. Sebab, daerah itu tak jauh dari lokasi Pusat Pelatihan (PLG) Gajah serta Taman Hutan Rara (Tahura) Sultan Syarif Kasim (SSK) Minas," katanya.

Bahkan cerita Hendra, tahun lalu kawanan gajah itu sempat terlihat di belakang Kantor Kecamatan Minas. Namun tidak lama, setelah itu kawanan itu balik ke Tahura.

Kendati begitu, hingga saat ini masyarakat di lokasi itu masih waspada. Mereka sementara waktu masih belum berani ke kebun. Sebab, khawatir gajah-gajah itu masih berada di sekitar perkebunan mereka.

"Saya sudah koordinasi dengan BBKSDA Riau untuk melakukan tindakan pengusiran satwa gajah itu," ujar Hendra.

Editor : Sahril

Berita Terkait